Pergub TGUPP Dirombak, Ini Penjelasan Anies

Pergub TGUPP Dirombak, Ini Penjelasan Anies
foto istimewa
Editor : Potan News — Jumat, 8 Maret 2019 18:19 WIB
terasjakarta.id


Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan diketahui merombak Peraturan Gubernur Nomor 187 Tahun 2017 soal Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan ( TGUPP). Perombakan tersebut mengubah sebagian isinya lewat Peraturan Gubernur Nomor 196 Tahun 2017 menjadi Peraturan Gubernur Nomor 16 Tahun 2019.

Menurut Anies, perubahan peraturan gubernur (pergub) soal Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan ( TGUPP) bukan untuk merombak anggota TGUPP. Salah satunya agar pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) bisa masuk ke dalam tim tersebut. 

"Sebenarnya bukan perombakan, sehingga sekarang memungkinkan bagi ASN untuk berada di situ," kata Anies di Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2019).

TGUPP yang sebelumnya terdiri dari lima bidang, kini direorganisasi menjadi empat. Dalam pergub baru itu, anggota TGUPP yang dibentuk Anies kini bisa mendapat tambahan uang transportasi.

Pasal 26 pergub itu berbunyi, "Dalam rangka pelaksanaan tugas TGUPP dapat diberikan tunjangan atau pengganti uang transport dan wewenangnya, TGUPP berpedoman dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan".

Dalam pergub yang sudah tak berlaku lagi itu, hak keuangan hanya disebut anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan tugas dan kewenangan TGUPP dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Selain itu, Anies juga mengubah ketentuan jumlah anggota TGUPP. Jika sebelumnya jumlah anggota TGUPP dibatasi paling banyak 73, kini jumlah anggota tak terbatas.

Pada Maret 2018, Ketua TGUPP Amin Subekti mengatakan semua anggotanya berasal dari kalangan non-PNS. Dia menyebut anggotanya datang dari berbagai generasi dan latar belakang pendidikan.

"Tidak ada PNS-nya," kata Amin, 16 Maret 2018.

Untuk diketahui, TGUPP dibentuk pada masa Joko Widodo (Jokowi) menjadi gubernur DKI Jakarta. Saat itu anggotanya adalah sejumlah PNS senior di Pemprov DKI Jakarta.

Pada masa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjadi gubernur Jakarta, beberapa anggota TGPUPP adalah pejabat yang dicopot dari jabatannya.







Pergub TGUPP Dirombak Ini Penjelasan Anies

Loading...

Related Post