Dewan Dukung Pemprov DKI Lakukan Pembinaan Kepada Pengamen Ondel-ondel

Dewan Dukung Pemprov DKI Lakukan Pembinaan Kepada Pengamen Ondel-ondel
foto terasjakarta.id
Editor : Potan Jakarta Style — Sabtu, 22 Desember 2018 09:40 WIB
terasjakarta.id

Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta, Bestari Barus mengatakan, mendukng langkah Pemprov DKI yang akan melakukan pembinaan terhadap pengamen ondel-ondel. Pihaknya menilai selama ini banyak ondel-ondel yang turun ke jalan karena tidak mendapat pembinaan.

"Kenapa mereka ke jalan, karena pemerintah tidak membina secara masif. Akhirnya turun ke jalan," kata Bestari di DPRD DKI, Jumat (21/12).

Bestari menjelaskan, ada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi. Dia meminta perda tersebut dilaksanakan untuk membina ondel-ondel.

"Kita sudah punya perda tentang kebudayaan betawi, di mana itu mewajibkan pelaku wisata menggencarkan budaya," kata Bestari.

Bestari mengatakan sering melihat pengamen ondel-ondel meminta-minta di jalan. Dia mendukung jika Pemprov DKI menertibkan ondel-ondel yang mengganggu.

"Kalaupun ditertibkan jangan ragu-ragu untuk menjaga kebudayaan betawi," kata Bestari.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta berencana untuk melestarikan kebudayaan ondel-ondel dengan membina pengamen ondel-ondel.

"(Pengamen odel-ondel) kadang-kadang meresahkan. Saya pernah dipaksa juga (memberi duit), dia enggak tahu (saya Plt Kadisparbud). Nah kami tertibkan," kata Asiantoro.

Menurut Asiantoro, pengamen ondel-ondel ditertibkan bukan lewat penangkapan. Pengamen ondel-ondel akan diperbolehkan mengamen tetapi dalam bentuk grup lengkap dengan alat musik. Mereka akan diarahkan ke tempat-tempat wisata.(ramdhani)

Dewan Dukung Pemprov DKI Lakukan Pembinaan Kepada Pengamen Ondel-ondel

Loading...

Related Post