Pramuka Jakarta Siap Ambil Bagian dalam Mitigasi Bencana

Pramuka Jakarta Siap Ambil Bagian dalam Mitigasi Bencana
Pramuka DKI Siap ambil bagian dalam Mitigasi Bencana
Editor : Admin Berita Anda — Rabu, 7 April 2021 15:07 WIB
terasjakarta.id - Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka DKI Jakarta menggelar Pelatihan Mitigasi Bencana. Dalam kegiatan yang digelar secara virtual dan tatap muka itu diikuti 100 orang Pramuka Jakarta.

Ke 100 orang Pramuka tersebut, terdiri dari para Pembina Pramuka, Pramuka Penegak dan Pandega, dari enam Kwartir Cabang (Kwarcab) yang ada di DKI Jakarta.

Utusan dari tiap-tiap Kwartir Cabang hadir secara virtual dari kwartir cabang masing-masing dan beberapa orang perwakilan hadir secara langsung di Kwartir Daerah.

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari itu bertujuan guna menyiapkan sumber daya manusia Pramuka Jakarta untuk siap turut ambil bagian dalam upaya mitigasi bencana di lingkungannya.

Kegiatan ini dirancang sesuai dengan amanat Gubernur DKI Jakarta selaku Ketua Mabida Anies Baswedan untuk menyelenggarakan kegiatan dengan menghadirkan solusi dan berbasis masalah yang berkembang di lingkungan perkotaan.

Ketua Kwarda DKI Jakarta yang diwakili oleh Waka Abdimas, Ratiyono menyampaikan bahwa yang terpenting dari pelatihan mitigasi bencana adalah kesiapsiagain dan keberlanjutan.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengedukasi para peserta mengenai pentingnya pengurangan risiko bencana, khususnya bencana banjir, kebakaran, dan potensi gempa bumi di ibukota. Termasuk juga peranan dalam mitigasi bencana pandemi Covid-19.

"Peran Pramuka adalah menjadi duta perubahan perilaku untuk menjadi teladan dan mengedukasi sekitarnya dalam penerapan protokol kesehatan, demi mengurangi risiko penularan dengan target kasus di DKI datar, turun, dan selesai," kata Ratiyono.

Adapun materi kegiatan disiapkan dan disampaikan oleh narasumber yang berasal dari Lembaga terkait. Di antaranya ialah narasumber dari Palang Merah Indonesia DKI Jakarta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, dan Pusdiklatda DKI Jakarta.

Materi yang dibahas dalam pelatihan ini meliputi urgensi mitigasi bencana, praktik dan teknik assessment bencana, serta manajemen kesiapsiagaan bencana.

Pramuka Kwarda DKI Pelatihan Mitigasi Bencana

Loading...

Related Post