Ketua Majelis Pembimbing Daerah DKI, Anies Baswedan Sampaikan Amanat Bagi Komponen Pramuka DKI

Ketua Majelis Pembimbing Daerah DKI, Anies Baswedan Sampaikan Amanat Bagi Komponen Pramuka DKI
Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka DKI, Anies Baswedan
Editor : Admin Berita Anda — Rabu, 7 April 2021 14:47 WIB
terasjakarta.id -  Selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta, Gubernur Anies Baswedan menyampaikan lima amanat bagi seluruh komponen Pramuka Jakarta, baik tingkat gugus depan, ranting, cabang, dan daerah.

Amanat tersebut disampaikan Anies Baswedan saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Makna Pengabdian Pramuka

Dalam Rakerda yang dihadiri secara virtual oleh perwakilan enam kwartir cabang (Kwarcab) se-DKI Jakarta tersebut, Anies mengapresiasi seluruh pengurus Gerakan Pramuka di DKI Jakarta atas pengabdiannya bagi masa depan menciptakan muda bangsa.

"Terima kasih kepada Kakak-kakak semua yang telah memberikan waktunya untuk menciptakan generasi baru Indonesia khususnya di DKI Jakarta, menyita waktu, energi, dan pikiran yang Kakak berikan merupakan suatu pengabdian bagi bangsa," kata Anies Baswedan.

Anies menyebut para pengurus Pramuka yang tulus ikhlas dan konsisten meluangkan waktu serta energi bagi pengembangan generasi muda, merupakan para penggerak dalam membangun bangsa.

Terobosan Inovatif 

Agar Pramuka Jakarta terus dapat relevan dan menjadi penggerak di tengah masyarakat, Anies juga mengamanatkan terobosan-terobosan inovatif dalam program kepramukaan.

Menurut Anies, sebagai organisasi pendidikan non formal yang ditentukan pada generasi muda maka inovasi dan kebaruan adalah hal yang tidak dapat diukur dari Gerakan Pamuka, sebab itu harus menjadi ciri dari seluruh aktivitas Pramuka Jakarta.

Ia berharap bahwa "Pramuka Jakarta dan kwartir daerah harus menjadi kwartir daerah yang progresif", salah satunya dengan cara siap berkolaborasi dengan komunitas dan komponen eksternal Gerakan Pramuka.

Pramuka Perkotaan 

Salah satu terobosan yang perlu menjadi perhatian Pramuka Jakarta adalah aktivitas generasi muda perkotaan.

Sesuai amanatnya, Anies Baswedan menyampaikan, aktivitas Pramuka Jakarta harus menyesuaikan dengan keadaan, tantangan, dan peluang perkembangan kota dan masyarakat Jakarta.

Oleh sebab itu kegiatan Pramuka Jakarta diharapkan selalu memiliki aspek modern, relevan dengan isu yang berkembang di Jakarta dan sesuai dengan perkembangan lingkungan. Konsep Pramuka perkotaan atau urban scouting ini harus diupayakan sebagai salah satu daya tarik pendidikan kepramukaan di Jakarta.

Menjaga Nilai dan Budaya 

Anies Baswedan juga mengamanatkan agar Pramuka Jakarta dapat menjadi penjaga nilai dan pengembang budaya generasi muda Jakarta. Misalnya seperti, budaya bersih, budaya disiplin, budaya kerja keras, budaya tepat waktu, dan budaya kerja tuntas, seluruhnya harus mulai dan terus dibudayakan dan diintegrasikan ke dalam aktivitas kepramukaan di Jakarta.

Dengan budaya mengembangkan baik, menjaga nilai luhur bangsa berdasar agama, dan menaati norma hukum dalam setiap aktivitasnya, Pramuka Jakarta dapat menjadi simpul pemersatu dan simpul pendorong kemajuan bagi bangsa kita.

Keterampilan Bertaraf Global 

Dengan menjalankan amanat tersebut Semoga Pramuka Jakarta menjadi barometer dan kelak memiliki kemampuan bertaraf global. Yaitu kompetensi yang sesuai dengan tantangan abad 21.

Dengan perpaduan antara menjaga nilai dan budaya keindonesiaan dan kecakapan berstandar internasional maka Pramuka Jakarta diharap dapat terus bersaing tidak hanya di tingkat nasional namun juga pada tingkat global.

Dengan demikian Anies menutup amanatnya dengan harapan agar Pramuka Jakarta menjadi bibit yang bisa kita titipkan perjalanan Indonesia dimasa yang akan datang.

Pramuka Kwarda DKI Ketua Majelis Pembimbing Anies Baswedan

Loading...

Related Post