Yuk, Cari Tahu Jumlah Kalori yang Terdapat Dalam Secangkir Kopi

Yuk,  Cari Tahu Jumlah Kalori yang Terdapat Dalam Secangkir Kopi
Ilustrasi aneka ragam kopi khas dan campurannya memiliki jumlah kalori yang berbeda-beda. (Shutterstock)
Editor : Donald Jakarta Style — Rabu, 7 April 2021 12:20 WIB
terasjakarta.id


Sejumlah orang punya kebiasaan menyeruput kopi di pagi hari, siang, dan sore hari. Yah, kopi saat ini merupakan salah satu  minuman yang paling digemari dan banyak dikonsumsi orang. Baik itu kopi hitam, maupun kopi dengan tambahan rasa atau racikan lainnya.

Tapi haukah anda jika segelas kopi dengan racikan bahan-bahan yang berbeda-beda juga memiliki kandungan kalori yang berbeda. Seperti dilansir Livestrong, berikut ini jumlah kalori pada berbagai jenis racikan minuman kopi.

  1. Kopi Arabika

Kopi Arabika merupakan jenis kopi yang paling banyak ditemukan di dunia. Kopi ini diproduksi sebanyak 70-80 persen di dunia menurut Coffee Research Institute. Pada secangkir kopi Arabika mengandung kalori sebanyak 2 kkal dan 95 miligram kafein. Kopi jenis ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan kandungan fitonutrien yang memiliki antioksidan dan mencegah perkembangan sel kanker.

  1. Es Kopi Vietnam

Kopi ini  dibuat dengan komposisi kopi, susu atau krim kental manis dan es. Kalori yang ada pada secangkir es kopi vietnam ini berasal dari penggunaan susu kental manis yang biasanya digunakan cukup banyak. Kalori dalam secangkir es kopi Vietnam ditentukan oleh banyaknya penggunaan susu kental manis. Biasanya untuk secangkir kopi vietnam menggunakan 2-4 sendok makan susu kental manis yang akan memberikan kalori sebanyak 125 kkal.

Susu Rendah Lemak

Beberapa kopi dibuat dengan menggunakan campuran susu semi skim, rendah lemak atau bahkan susu tanpa lemak. Susu semi skim hanya memiliki kalori setengah dari susu biasanya yaitu sebanyak 1,7 persen. Penggunaan susu semi skim, non lemak dan tanpa lemak ini akan memberikan jumlah kalori yang jauh lebih rendah. Secangkir kopi yang menggunakan susu semi skim, rendah lemak atau tanpa lemak ini hanya memiliki kalori sebanyak 17kkal.

  1. Kopi Moka

Kopi moka merupakan racikan kopi yang menggunakan tambahan susu dan cokelat bubuk. Banyak sekali versi kopi moka termasuk yang dijual dan bentuk bubuk instan baik untuk disajikan dingin ataupun panas. Kopi moka ini juga memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Dalam secangkir kopi moka hanya terdapat kalori sebanyak 14 kkal. Tetapi jika kopi moka yang dikonsumsi berasal dari restoran jumlah kalori akan lebih banyak yaitu 250 kkal.

  1. Kopi Hitam Instan

Kopi hitam tanpa bahan tambahan apapun ini tentunya memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Bahkan jumlah kalorinya hampir tidak ada. Dalam secangkir kopi hitam instan hanya terdapat 4 kkal. Ini berarti kopi hitam menjadi kopi yang paling sehat untuk dikonsumsi termasuk bagi pelaku diet mengurangi kalori.

  1. Kopi Susu Instan

Berbeda dengan kopi hitam instan. Jumlah kalori yang ada pada kopi susu instan ini berdasarkan jenis susu yang digunakan sebagai bahan campurannya. Baik susu hewani maupun susu nabati. Kopi susu yang menggunakan susu skim akan mengandung kalori sebanyak 10 kkal, pada kopi yang menggunakan susu biasa akan mengandung 19 kkal dan pada kopi instan yang menggunakan krim akan mengandung kalori sebanyak 40 kkal. Kopi yang menggunakan susu nabati sekalipun masih mengandung kalori. Misalnya susu kedelai yang mengandung 9 kkal, susu almond yang mengandung 4 kkal serta susu oat yang mengandung 11 kkal.

  1. French Vanilla

French Vanilla ini biasanya akan dijual dalam kemasan atau tersedia di vending machine khusus kopi. Pada sajian kopi ini biasanya menggunakan bahan tambahan seperti sirup jagung bahkan terkadang ada yang ditambahkan dengan minyak kelapa. French Vanilla mengandung kalori sebanyak 80 kkal. Kandungan kalorinya memang tidak begitu tinggi, tetapi ini cukup mempengaruhi batas asupan kalori harian yang harus diperhatikan. (don)

 

Yuk cari tahu jumlah kalori yang terdapat dalam secangkir kopi

Loading...

Related Post