Terus Terjegal Ketua DPRD, PKS Desak Anies Pakai Diskresi Lepas Saham Bir

Terus Terjegal Ketua DPRD, PKS Desak Anies Pakai Diskresi Lepas Saham Bir
Ketua Fraksi PKS DPRD DKI, M Arifin
Editor : Admin Rumah Rakyat — Kamis, 1 April 2021 18:23 WIB
terasjakarta.id - Fraksi PKS DPRD mendorong Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk melakukan diskresi terkait pelepasan kepemilikan saham minuman keras (miras) di PT Delta Djakarta. 

Menurut Ketua Fraksi PKS M. Arifin, hal tersebut perlu dilancarkan Pemprov DKI jika pimpinan Legislator Kebon Sirih tetap bersikukuh menolak ihwal penjualan saham minuman beralkohol (minol) di PT Delta. 

"Andaikan DPRD tidak meyetujui paling tidak, gubernur bisa lakukan diskresi untuk segera melakukan pelepasan," ujar Arifin saat webinar yang digelar DPW PKS dengan judul 'Saham Miras di Tengah Krimininalitas yang Mengganas', Kamis (1/4/2021). 

Arifin mengklaim, ada sejumlah Fraksi di DPRD DKI yang menyetujui keibginan Gubernur Anues untuk segera melepaskan saham miras Pemprov DKI di PT Delta. 

Sejauh ini sudah ada lima fraksi yang mendukung Anies menjual saham bir yaitu Fraksi Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) - Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

"Kebijakan ini harus didikung bahwa pelepasan saham di pabrik miras tadi harus segera diwujudkan," urainya. 

Arifin menambahkan, PKS saat ini tengah menggalang kekuatan dengan membangun komunikasi bersama fraksi-fraksi lainnya yang ada di DPRD. 

"Sudah banyak Fraksi yang mendukung ini untuk menyetujui pelepasan saham pemprov di PT Delta," papar dia. 

Terlebih, kata Arifin, hasil kajian yang dilaksanakan PKS bahwa investasi Pemprov DKI di PT Delta yang memproduksi miras ini tidak mempunyai dampak yang positif untuk kesejahteraan masyarakat ibu kota.

"Karena itu kita setuju melakukan divestasi," papar anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta ini. 

Perlu diketahui, Pemprov DKI memiliki saham di perusahan bir itu sebesar 26,25 persen dan telah dimiliki Pemprov DKI sejak 1970 di era Gubernur Ali Sadikin.

Sejak 2018 Gubernur Anies Baswedan sudah berikhtiar melepas saham di perusahaan bir PT Delta Djakarta dengan empat kali menyurati DPRD DKI untuk meminta restu.

Namun langkah orang nomor satu di Jakarta itu mendapat bantu ganjalan dari Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. 

Prasetyo menyatakan tidak akan menyetujui penjualan perusahaan tersebut selama dirinya menjabat ketua dewan. (adt)

Saham Bir PT Delta Djakarta Fraksi PKS Arifin Pemprov DKI

Loading...

Related Post