Jelang Ramadhan DPRD DKI Minta Kebutuhan Pangan Warga Tersedia dan Harga Stabil

Jelang Ramadhan DPRD DKI Minta Kebutuhan Pangan Warga Tersedia dan Harga Stabil
Ilustrasi perdagangan di Pasar Induk Kramat Jati (ist)
Editor : Potan Rumah Rakyat — Rabu, 31 Maret 2021 06:56 WIB
terasjakarta.id - DPRD DKI meminta pemerintah daerah (Pemda) DKI menjaga kestabilan harga pangan jelang Bulan Suci Ramadhan. Hal itu dimaksudkan agar warga tidak kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan pangan saat berpuasa. 

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Guruh Tirta Lunggana mengatakan, BUMD Perumda Pasar Jaya, Dharma Jaya dan Food Station Tjipinang Jaya harus segera memastikan stok ketersediaan pangan aman, mengingat suplai kebutuhan pokok diperkirakan akan terganggu karena di tengah Pandemi Covid-19.

“Stok komoditas pangan wajib dipastikan aman, agar tercukupi dan tidak memicu kenaikan harga,” kata Tirta saat dihubungi, Rabu (31/3/2021).

Selain memastikan stok pangan, politisi Fraksi PAN DKI ini berharap Pemprov DKI harus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait sehingga persediaan komoditas pangan mampu memenuhi permintaan. Kebutuhan itu meliputi beras, gula, cabai, daging dan telor, termasuk rempah-rempah.

“Jangan sampai warga kesulitan mendapatkan bahan kebutuhan pokok tersebut saat bulan ramadhan nanti. Maka itu jajaran Pemda perlu memastikannya sedini mungkin terkait distribusi ke seluruh pasar tradisional di lapangan,” jelas Guruh Tirta.

Diketahui, dua pekan lagi umat Islam di Indonesia akan mulai menjalankan ibadah puasa hingga sebulan ke depan. Di hari-hari menahan lapar dan haus ini, biasanya konsumsi masyarakat justru meningkat dari hari biasa.

Tingginya konsumsi masyarakat membuat sebagian harga komoditas naik. Meski pemerintah telah berupaya agar harga-harga tetap stabil, namun para pedagang dan distributor tetap nakal yang berimbas beberapa harga kebutuhan pokok meroket.

Karena itu, Guruh Tirta berharap, stok komoditas pangan di wilayah Jakarta bisa tercukupi serta tidak mengalami kenaikan harga yang berdampak pada keresahan masyarakat.

“Kasihan warga, kondisi mereka saat ini sudah susah karena Covid-19. Jangan sampai ditambah kesulitan lagi,” pesan Legislator asal Dapil 10 Jakarta Barat itu.(tan) 


Jelang Ramadhan DPRD DKI Kebutuhan Pangan Warga Tersedia Harga Stabil

Loading...

Related Post