Pemprov DKI Pakai Rp160 Miliar Dana Banjir untuk Bebaskan Rizieq Ternyata Hoaks

Pemprov DKI Pakai Rp160 Miliar Dana Banjir untuk Bebaskan Rizieq Ternyata Hoaks
Pemprov DKI Pakai Rp160 Miliar Dana Banjir untuk Bebaskan Rizieq Ternyata Hoaks: Foto ilustrasi (Foto: Tampak layar akun Facebook @Hes CikCik LaLa)
Editor : Andy Pribadi News — Jumat, 5 Maret 2021 16:39 WIB
terasjakarta.id

Kabar yang menyebut Pemprov DKI Jakarta pakai uang dana banjir Rp160 miliar untuk membebaskan Habib Rizieq Shihab ternyata hoaks.

Dalam sebuah unggahan di Facebook, Pemprov DKI dikabarkan membantu proses pembebasan mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dari penjara.

Dalam sebuah grup Facebook berisi 146.600 anggota,akun Hes CikCik LaLa menyebutkan Pemprov DKI Jakarta menggunakan Rp160 miliar untuk mengeluarkan Rizieq dari penjara Arab.

"Dana 160M yg Seharusnya digunakan untuk penanggulangan banjir DKI JKT Malah Buat membebaskan Rizieq Dari penjara Arab Angel angel," tulis akun tersebut pada Rabu (3/3) seperti dikutip Antaranews.com.

Hingga Kamis (4/3), sudah ada 62 komentar yang menanggapi unggahan akun tersebut.

Adapula 18 respon dari sesama pengguna Facebook.

Lantas, benarkah Pemprov DKI Jakarta menggunakan Rp160 M untuk bebaskan Rizieq?

Penjelasan:
Narasi yang menyatakan Pemprov DKI Jakarta menggunakan Rp160 miliar untuk membebaskan Rizieq Shihab merupakan hoaks, berdasarkan penelusuran ANTARA.

Hingga Kamis (4/3), tidak ada informasi dan pernyataan resmi dari pihak terkait yang membenarkan narasi tersebut.

Mengacu sejumlah pemberitaan media massa arus utama, diketahui Pemprov DKI Jakarta mengalokasikan anggaran sebesar Rp160 miliar untuk membebaskan lahan di sekitar Sungai Ciliwung.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf, sebagaimana diberitakan wartakota pada 4 Januari 2020, mengatakan dana pembebasan lahan itu diperoleh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Tahun 2020.

Juaini memperkirakan ada 118 bidang lahan yang akan dibebaskan. Seluruhnya, tersebar di Kelurahan Tanjung Barat, Pejaten Timur, Cililitan dan Balekambang, mengacu laporan suara.com pada 13 Januari 2020.



Pemprov DKI Jakarta dana banjir Rp160 Miliar Habib Rizieq Shihab Hoaks

Loading...

Related Post