Tak Hanya Sumbu Ekonomi, Bendungan Sindang Heula Jadi Destinasi Wisata Baru di Bumi Jawara

Tak Hanya Sumbu Ekonomi, Bendungan Sindang Heula Jadi Destinasi Wisata Baru di Bumi Jawara
Bendungan Sindang Heula sebagai destinasi wisata baru di Bumi Jawara, Banten I(st)
Editor : Donald Traveling — Jumat, 5 Maret 2021 09:46 WIB
terasjakarta.id


Kabar bahagia bagi masyarakat Banten.  Masyarakat di daerah yang dijuluki “Bumi Jawara””  itu kini telah memiliki sebuah bendungan yang besar dan megah,  Bendungan Sindang Heula,  namanya, Bendungan itu baru diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis (4/3).

Bendungan yang  terletak di Desa Sinangheula, Kecamatan Pabuaran itu  dibangun sejak 2015 lalu dan diyakini akan memberikan manfaat yang besar tidak hanya kepada masyarakat tetapi juga perusahaan-perusahaan swasta yang berada di sekitarnya,

Selain akan  meningkatkan produktivitas pertanian dengan kapasitas 9,3 juta meter kubik. Bendungan tersebut juga akan memberikan manfaat bagi irigasi seluas 1.280 hektar sawah yang ada di Kabupaten Serang, Kota Serang, dan sekitarnya di Provinsi Banten

Bendungan Sindang Heula juga akan menyediakan ketersediaan air baku bagi daerah-daerah industri yang berkembang di Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon. Bendungan tersebut mampu menyediakan kebutuhan air baku sebanyak 0,80 meter kubik per detik.

Selain itu, bendungan ini juga bermanfaat untuk pengendalian banjir dengan kemampuan mereduksi banjir sekitar 50 meter kubik per detik dari beberapa sungai yang sering meluap, yakni sungai Ciujung dan Cidurian. Bendungan tersebut juga berfungsi sebagai pembangkit listrik dan mampu menghasilkan 0,40 mega watt, jika ke depan akan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.

Tetapi yang tak kalah penting juga, Bendungan Sindang Heula akan menjadi destinasi wisata baru di Bumi Jawara sekaligus bisa meningkatkan taraf hidup dan membuka lapangan usaha baru bagi  masyarakat.

Saat peresmian, Presiden Jokowi mengatakan, Bendungan Sindang Heula tidak hanya meningkatkan produktivitas pertanian di Serang dan sekitarnya, tetapi juga  bisa menjadi destinasi wisata baru. "Saya kira nanti Bendungan Sindangheula akan menjadi area wisata karena dekat sekali dengan Kota Serang. Mudah-mudahan dengan adanya Tol Serang-Panimbang pasti akan lebih mudah dijangkau,” ujrnyanya

Presiden pun mengimbau agar bendung itu itu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam memberikan nilai tambah kepada masyarakat.

"Sekali lagi saya katakana, bendungan ini bisa dimanfaatkan untuk konservasi dan destinasi pariwisata baru. Kita harus bisa menjaga konservasi di sekitar waduk. Harapannya airnya setiap tahun terus naik dan manfaatnya semakin besar bagi masyarakat Banten," kata Presiden Jokowi.

Saat  meresmikan bendungan itu,  Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Sementara itu, Gubernur Banten Wahidin Halim menyampaikan ucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dengan dibangunnya Bendungan Sindang Heula yang akan mengairi sekitar 1200 hektare lahan pertanian di wilayah utara Banten.

"Selain untuk pertanian, bendungan ini juga memenuhi air baku untuk minum bagi masyarakat di wilayah Cilegon, Serang serta untuk industri," kata Wahidin Halim.

Turut hadir dalam kunjungan Presiden Joko Widodo tersebut Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho.

Usai peresmian yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, dilanjutkan peninjauan bendungan oleh Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri. (don)

 

 

Bendungan sindang heula destinasi wisata baru di bumi jawara

Loading...

Related Post