Ayo Memasak! Resep dan Cara Membuat Kue Sengkulun Betawi yang Kenyal dan Gurih

Ayo Memasak! Resep dan Cara Membuat Kue Sengkulun Betawi yang Kenyal dan Gurih
Kue Sengkulun, cemilan betawi yang enak dan nikmat
Editor : Donald Jakarta Food — Kamis, 4 Maret 2021 11:17 WIB
terasjakarta.id


Kue sengkulun Betawi meripakan kuliner  atau cemilan yang dipengaruhi oleh budaya Tionghoa. Kue ini  mirip dengan kue keranjang dengan permukaannya yang berbintil kasar, tekstur lunak, kenyal, dan lembut.

Kue khas Betawi ini dibuat dengan tepung ketan dan gula merah dengan tambahan santan yang menjadikan rasanya gurih. Pada  jaman dahulu kue sengkulun ini mudah sekali untuk di temui karena tanah jakarta yang banyak pendatang dari berbagai etnik. namun sekarang kue sengkulun ini mulai langka dan jarang untuk di temui.

Selain ini mempunyai tekstur yang lembut, lunak dan kenyal. kue sengkulun ini mempunyai cita rasa gurih karena menggunakan santan kental serta berwarna coklat karena menggunakan pewarna alami yaitu gula merah.  Saat ini,  kue sengkulun ini sudah di modifikasi dari bentuk dan warnanya agar selalu eksis dengan perkembangan zaman.

Apakah anda tertarik untuk coba membuatnya. Berikut Terasjakarta coba merangkum untuk Anda resep dan cara membuatnya yang sangat mudah. Ayo memasak

Bahan-bahan

  • Tepung ketan putih sebanyak 250 gram
  • Gula pasir sebanyak 100 gram
  • Kelapa parut 150 gram
  • Garam sebanyak ΒΌ sendok teh
  • Vanili bubuk
  • Air kurang lebih 100 ml
  • Pewarna makanan merah secukupnya
  • Minyak goreng sebanyak 1 sendok makan
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat Kue Sengkulun

  1. Ambil wadah dan campurkan tepung ketan putih dengan gula pasir, kelapa parut, garam, dan vanili bubuk. Lalu aduk hingga rata.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit sembari diaduk rata hingga menjadi adonan yang berbulir-bulir.
  3. Bagi dan tempatkan adonan ke dalam dua wadah yang berbeda. Wadah pertama diberi pewarna makanan merah dan diaduk rata, sedangkan yang satu lagi dibiarkan begitu saja.
  4. Untuk membuat kue sengkulun ini, Anda memerlukan yang telah dialasi dengan daun pisang.
  5. Oles minyak goreng ke permukaan daun pisang beserta sisi dalam loyang. Hal ini dimaksudkan agar kue tidak lengket dan menempel saat dikeluarkan dari loyang.
  6. Masukkan adonan berwarna putih ke dalam loyang hingga rata, lalu kukus.
  7. Setelah adonan putih dikukus sekitar 20 menit, keluarkan loyang dari kukusan. Kemudian tambahkan adonan merah ke atasnya sembari diratakan.
  8. Kukus kembali sekitar 25 menit hingga kue matang.
  9. Setelah matang, angkat kue dan keluarkan dari loyang. Kemudian, kue dipotong-potong sesuai selera dan disajikan atau bisa juga langsung disantap. (don)

 

Ayo memasak resep dan cara membuat kue sengkulun betawi yang kenyal dan gurih

Loading...

Related Post