Fadjar Panjaitan Ajak Pramuka Jakarta untuk Lebih Banyak Bertindak daripada Berteori

Fadjar Panjaitan Ajak Pramuka Jakarta untuk Lebih Banyak Bertindak daripada Berteori
Ketua Kwarda DKI Jakarta Kak Fadjar Panjaitan (Ist)
Editor : Donald Berita Anda — Kamis, 4 Maret 2021 09:02 WIB
terasjakarta.id

Ketua Kwarda DKI Jakarta, Kak Fadjar Panjaitan membuka kegiatan Rapat Pleno Andalan Kwarda DKI Jakarta, Sabtu (27/2). Dalam sambutannya Kak Fadjar, demikian dia biasa disapa, mengingkatkan kepada seluruh peserta pentingnya implementasi learning by doing dalam Kepramukaan.

“Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 60, saya ingin mengajak seluruh komponen Gerakan Pramuka DKI Jakarta untuk menyelenggarakan semacam renungan tentang Implementasi Learning By Doing Dalam Kepramukaan,” ujar Kak Fadjar. 

Menurutnya, implementasi metode ini merupakan yang terlemah dalam pendidikan kepramukaan di DKI Jakarta pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Hal tersebut terjadi karena literasi tentang learning by doing sangat terbatas atau hampir tidak ada. 

“Saat ini praktek learning by doing dalam kegiatan pendidikan kepramukaan cenderung semakin meredup, baik dalam konteks pelatihan rutin, kegiatan kepramukaan, pelatihan dan kursus pramuka,” ungkap Kak Fadjar.

Menurut Kak Fadjar hal tersebut terjadi karena saat ini kita masih bisa melihat atau menyaksikan para Pembina atau Pelatih “menggurui” dengan gagah perkasa, sehingga kesempatan untuk anggota muda dan dewasa untuk mengeksplore lebih lanjut menjadi sangat terbatas.

Pada rapat pleno tersebut, Kak Fadjar mengajak segenap anggota Pramuka Jakarta untuk memformulasikan kembali “learning by doing” dalam konteks keseharian bersama Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Rancana Pandega di Gugus Depan.

“Perlukah kita untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada anggota muda dan juga anggota dewasa dalam mengasah kepemimpinan mereka sebagai calon Pemimpin Bangsa? Dan bisakah kita memberikan keleluasaan kepada mereka untuk belajar kepemimpinan dengan dukungan orang dewasa tanpa pelatihan kepemimpinan formal.” ujar Kak Fadjar. 

Selain itu, pada kesempatan tersebut Kak Fadjar juga mengajak kepada seluruh peserta rapat untuk mengenang kembali perjuangan Bapak Pandu Sedunia dan melakukan perenungan apakah ada nilai-nilai utama yang selama ini belum kita implementasikan dengan baik.

 

Fadjar Panjaitan ajak pramuka jakarta untuk lebih banyak bertindak daripada berterori

Loading...

Related Post