Progres Pembangunan Capai 49,36 Persen, Proyek JIS Ditargetkan Rampung Akhir 2021

Progres Pembangunan Capai 49,36 Persen, Proyek JIS Ditargetkan Rampung Akhir 2021
Jakarta International Stadium
Editor : Admin Balaikota — Rabu, 3 Maret 2021 13:30 WIB
terasjakarta.id - Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) pada minggu ke-78 telah mencapai 49,36 persen dari proyeksi sebesar 49,35 persen. Diharapkan target pembangunan selesai pada akhir tahun 2021 dapat terealisasi.

Dengan progres tersebut, pembangunan proyek menunjukkan deviasi positif sebesar 0,01 persen meski dilaksanakan dalam situasi pandemi COVID-19.

Corporate Manager Communication PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Melisa Sjah mengatakan, selain dibangun dengan konsep green building, JIS juga nantinya akan memiliki fungsi multi-purpose venue.

"JIS tidak hanya untuk menggelar pertandingan sepakbola saja, melainkan juga kegiatan besar lainnya seperti eksibisi maupun konser musik," kata Melisa, Rabu (3/3/2021).

Melisa menjelaskan, JIS bakal dilengkapi dengan atap buka tutup (retractable roof) yang mengadopsi struktur space frame atau kerangka struktural tiga dimensi untuk mendukung hal tersebut.

Struktur ini terdiri dari bola sendi dan elemen yang terdiri dari pipa, konus, hexagon, dan baut high tensile (HT).

"Fitur atap buka tutup dapat mengakomodir berbagai kebutuhan kegiatan yang berlangsung di bawahnya," terangnya.

Melisa menjelaskan, JIS juga akan dilengkapi dengan fitur sky viewing deck. Sehingga, pengunjung bisa menikmati pemandangan lapangan dari sisi atas stadion dan mengelilingi lingkaran atap stadion. 

"Struktur rangka atap utama saat ini telah tersedia di lokasi proyek JIS dan sedang dalam tahap perakitan terlebih dahulu. Nantinya, atap yang sudah dirakit akan diangkat sekaligus menggunakan metode heavy lifting dengan berat mencapai kurang lebih 3.000 ton," terangnya.

Direktur Proyek PT Jakpro, Iwan Takwin menambahkan, Jakpro selaku Project Owner JIS bersama pihak KSO JIS berkomitmen merampungkan milestone proyek kebanggaan masyarakat Jakarta, sesuai target yang direncanakan pada akhir tahun ini.

"Kita berupaya agar proyek strategis Pemprov DKI Jakarta dapat rampung sesuai target yang diharapkan," tandasnya. (adt)

Pembangunan JIS Pemprov DKI Jakpro Olahraga

Loading...

Related Post