Di Masa Sulit Pandemi Covid-19, Polda Banten Tetap Peduli Warga

Di Masa Sulit Pandemi Covid-19, Polda Banten  Tetap Peduli Warga
Kapolda Banten Irjen Pol. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho (Ist)
Editor : Donald Rumah Rakyat — Selasa, 2 Maret 2021 17:14 WIB
terasjakarta.id


Polda Banten tetap peduli dan memberikan pelayanan  yang prima kepada masyarakat di  masa pandemi covid-19 ini. Salah satunya dengan melakukan  supervisi dan verifikasi terhadap anggota yang terpapar Covid-19 dan penyakit menahun, Juka dilakukan ‘seleksi’ penyintas Covid-19  yang layak melakukan donor plasma convalsen, dan mengiktui kegiatan vaksinasi.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho, Selsa (2/3) mengatakan, jajaran siap membantu masyarakat tidak hanya dalam pengamanan dalam pembatasan masyarakat tetapi juga membantu melalui donor plasma convalsen.

“Sebagai pelayan masyarakat, kami  berusaha untuk tetap prima. Saat bersamaan kami juga peduli dan ikut ambil peran dalam pencegahan dan peningkatan, serta penguatan imunitas masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, hampir setiap hari dan secara rutin,  anggota Polda  Balten hingga ke Polres dan Polsek bersama TNI dan Satpol PP melakukan pemantauan dan pencegahan Covid-19.

Di saat bersamaan, kata Kapolda,  agar tetap memiliki anggota yang sehat dan prima, pada Senin (1/3/) pihaknya   menggelar supervisi dan verifikasi (S & V) terhadap anggota yang pernah terpapar Covid-19 (penyintas) dan sakit menahun. 

 

Kegiatan S & V  itu dipimpin Wakapolda Brigjen Pol. Drs. Ery Nursatari dan dipantau oleh Ketua Tim Supervisi Mabes Polri, Brigjen Pol. M. Agung Bujiono.

Kepada personel yang menjadi sasaran S & V telah diberikan Secretome. Secretome sendiri adalah  medium  sel yang dikembangbiakkan mengandung protein, lemak, asam nukleat, vesikel ekstraseluler [EV] atau mikrovesikel [MVs],.

Jumlah perseonel Polda Banten  sebanyak 7.264 orang yang tersebar mulai dari Polda sampai ke enam Polres, Polsek-polsek, dan para Bhabinkamtibmas yang ada di desa-desa. Dari jumlah ini terdata 509 personel terpapar, lima di antaranya meninggal dunia, selain itu juga terdapat 45 orang menderita penyakit menahun.

Para penyintas Covid-19 yang merupakan personel Polda Banten  telah diambil darah untuk kemungkinan menjadi donor konvalsen. “Jika memenuhi syarat, akan menja donor plasma konvalsen pada 9 Maret 2021,” Kapolda

Sekretaris PMI Banten, Dr. Rahmat Fitriadi mengatakan, donor plasma konvalsen tersebut untuk membantu 468 pasien Covid-19 di Banten. “Kami bekerja sama dengan Polda Banten dan Korem 046 Maulana Yusuf untuk tersedianya donor tersebut,” kata Rahmat. 

Mereka yang diambil darahnya, lanjut Fitriadi, adalah yang berusia antara 18 dan 60 tahun. Sebelumnya, terhadap para calon donor konvalsen telah dilakukan pemeriksaan hepatitis B, C dan HIV dan NAT non-reaktif 11.

Dalam pada itu, Polres Serang  bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat  melakukan vaksinasi Covid-19 tahap pertama, menggunakan vaksin sinovac terhadap para personelnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula Mapolres Serang itu, telah dan akan divaksin sebanyak 738 anggota Polri dan ASN Polres dan jajaran. Vaksinasi, kata Kapolres Serang, AKBP Mariyono, akan dilaksanakan dalam tiga gelombang selama tiga hari. Mariyono sendiri sudah dua kali divaksinasi. (don)

 

Masa sulit pandemi covid-19 polda banten tetap peduli warga

Loading...

Related Post