Konsumsi Sayuran dan Buah Setiap Hari Tekan Resiko Kematian Akibat Kanker

Konsumsi Sayuran dan Buah Setiap Hari Tekan Resiko Kematian Akibat Kanker
Buah dan sayuran. yang bermanfaat bagi kesehatan (shutterstock)
Editor : Donald Jakarta Style — Selasa, 2 Maret 2021 15:59 WIB
terasjakarta.id


Buah-buah dan sayuran mengandung berbagai macam zat dan kandungan lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan  manusia. Salah satu manfaat yang sangat berguna adalah menekan resiko kematian akibat penyakit kanker maupun penyakit kardiovaskuler.

Sebuah studi para  peneliti di Brigham and Women's Hospital dan Harvard Medical School sepeti dilansit Insider mengatakan,  orang yang mengosumsi dua porsi buah dan tiga porsi sayuran setiap hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat kanker serta penyakit-penyakit lainnya seperti kardiovaskuler dan penyakit pernapasan.

Namun, hasil lain dari studi dan penelitian ini juga  yang perlu diperhatikan adalah tidak semua  buah dan sayur menawarkan manfaat yang sama. Para peneliti melihat kumpulan data, yakni studi dengan lebih dari 100.000 orang dan yang lainnya termasuk 26 studi yang melibatkan hampir 2 juta orang.
Kesimpulan dari hasil studi itu menyebutkan,  sayuran berdaun hijau seperti kangkung, lalu buah jeruk, dan  ber,  memiliki lebih banyak manfaat kesehatan dibandingkan dengan sayuran bertepung.
Sedangkan kacang polong, jagung, jus buah, dan kentang tidak menurunkan risiko kematian akibat penyakit. Kacang polong dan jagung bisa kehilangan nilai gizinya bisa diproses semisal pengalengan.
"Anda mungkin ingin mempertimbangkan memetik buah dan sayuran yang lebih sehat," kata Dr. Dong Wang dari fakultas kedokteran Harvard Medical School dan Brigham and Women's Hospital.
Sementara Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebut, terlepas dari manfaat kesehatan yang didapat dengan makan buah dan sayuran, hanya satu dari 10 orang dewasa yang makan jumlah porsi sesuai rekomendasi.
Makanya, pakar kardiologi di NYU Langone Health, Dr. Sean Heffron mengatakan konsumsi dalam jumlah porsi optimal tidak sepenting makan lebih banyak buah dan sayuran pada umumnya.

"Kebanyakan orang tidak makan hampir lima porsi buah dan sayuran sehari," kata dia

Ia pun merekomendasikan orang-orang makan banyak sayuran hijau cerah dan beragam buah-buahan setiap hari. (don)



Konsumsi sayuran dan buah setiap hari tekan resiko kematian akibat kanker

Loading...

Related Post