Jakarta bakal Alami Fenomena Hari Tanpa Bayangan pada 4 Maret Mendatang

Jakarta bakal Alami Fenomena Hari Tanpa Bayangan pada 4 Maret Mendatang
Hari Tanpa Bayangan
Editor : Admin News — Minggu, 28 Februari 2021 14:51 WIB
terasjakarta.id - Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia akan mengalami hari tanpa bayangan. Fenomena ini disaat matahari berada tepat di posisi tertinggi di langit. Fenomena ini disebut juga sebagai "Kulminasi Utama". 

"Pada saat itu, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat 'menghilang', karena bertumpuk dengan benda itu sendiri," demikian keterangan resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Fenomena ini terjadi karena bidang rotasi bumi tidak pas berimpit dengan bidang revolusi bumi.

"Sehingga posisi matahari dari bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun antara 23,5° LU s.d. 23,5° LS," tulis BMKG.

Fenomena ini dialami daerah-daerah Indonesia lain, secara bergantian. Di Indonesia, fenomena ini akan terjadi dua kali dalam setahun dalam waktu yang berdekatan. Ini karena Indonesia terletak di bawah garis khatulistiwa.

Hari tanpa bayangan ini juga menandakan terjadi perubahan musim. Hari tanpa bayangan berlangsung siang hari ini Minggu (28/2/2021) di Yogyakarta.

Nusa Tenggara Timur hingga 4 April 2021 di Aceh. Kemudian, hari tanpa bayangan ini akan terjadi mulai 7 September 2021 di Sabang, Aceh hingga 21 Oktober 2021 di Baa, Nusa Tenggara Timur.

Masyarakat Surabaya dapat mengamati hari tanpa bayangan ini pada Senin (1/3/2021). Hari selanjutnya, giliran masyarakat Semarang.

Warga Bandung dapat melihat hari tanpa bayangan pada 3 Maret 2021, sedangkan warga Jakarta pada 4 Maret 2021. (adt)

Fenomena Alam BMKG Hari Tanpa Bayangan

Loading...

Related Post