Ini Dia Benzo, Narkoba yang Dipakai Millen Cyrus, Ternyata Biasa Dipakai Sebagai Obat Penenang Saat Operasi

 Ini Dia Benzo, Narkoba yang Dipakai Millen Cyrus, Ternyata Biasa Dipakai Sebagai Obat Penenang Saat Operasi
Millen Cyrus pakai narkoba jenis benzo (dok. Instagram)
Editor : Donald Jakarta Style — Minggu, 28 Februari 2021 14:16 WIB
terasjakarta.id


 

Tertangkapnya selebgram Millen Cyrus pada Minggu (28/2) dinihari mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, selebgranm dengan nama lengkap  Muhammad Millendaru Prakasa (MMP)  ini sudah dua kali tersadung dalam kasus yang sama.

Pada November 2020, Millen ditangkap Polres Metro Jakarta Utara lantaran tersandung dalam kasus penggunaan sabu-sabu. Namun, dia akhirnya bebas dan hanya menjalani rehabilitasi

Kali ini, berdasarkan hasil tes urin, Millen disebut positif mengonsumsi benzo. Lantas, apa itu benzo?

Berdasarkan literature, obat benzodiazepin, atau benzo, adalah obat yang dikategorikan sebagai obat psikoaktif.   Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi gejala gangguan psikologi seperti gangguan kecemasan (anxiety disorder) dan insomnia.

Benzodiazepin berperan sebagai obat penenang, anti-kecemasan, hipnotik (membuat tidur lebih mudah), serta dapat melemaskan otot-otot tubuh.

Namun, untuk mendapatkan obat ini tidak sembarangan karena harus dengan resep dokter. Dalam dunia medis, benzodiazepin digunakan untuk:

  • Mengatasi berbagai masalah psikologis seperti insomnia, gangguan kecemasan, gangguan kepanikan, dan depresi akut.
  • Sebagai obat penenang saat operasi
  • Mencegah atau mengatasi kejang
  • Mengatasi ketaguhan alkohol

 
Penggunaan jangka panjang benzodiazepin juga dapat menyebabkan ketergantungan fisik. Ketergantungan tersebut dapat dimulai setelah menggunakan obat itu selama satu bulan pada dosis tertentu. Pasalnya, cara kerja benzo ini meningkatkan aktivitas zat kimia dalam tubuh yang disebut neurotransmitter gamma-aminobutyric acid (GABA) atau asam gamma-aminobutirat. Artinya, benzo memengaruhi saraf pusat agar menghasilkan efek rasa tenang, hipnotik (menginduksi tidur), ansiolitik (antikecemasan), antikonvulsan, dan sifat relaksan otot.

Gejala kecanduan benzodiazepin ditandai dengan sulit tidur, perasaan depresi, dan berkeringat. Lebih lanjut, kecanduan obat terlarang ini juga dapat menyebabkan overdosis, depresi pada sistem saraf pusat, gangguan keseimbangan dan kontrol gerakan, serta bisa membuat pemakai bicara cadel.

Selain itu, sebuah tim peneliti dari Prancis dan Kanada menemukan, ada hubungan antara penggunaan benzodiazepine dengan peningkatan risiko penyakit alzheimer. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa semakin besar dosis kumulatif benzodiazepin seseorang, semakin tinggi risikonya terhadap alzheimer.

Artis yang pernah pakai Benzodiazepine

Selain Millen, setidaknya ada  dua artis telah diciduk polisi karena mengkonsumsi Benzodiazepine atau yang biasa disebut Benzo, di tahun ini. Pertama adalah Lucinta Luna, yang ditangkap pada medio Februari 2020 lalu.

Selebgram sekaligus artis Lucinta Luna ditangkap di Apartemen Thamrin City, Jakarta Barat, Selasa pagi, 11 Februari 2020. Dari hasil cek urin, artis yang pernah bermain di film BrideZilla itu positif Benzo.

"Tes urine menunjukkan LL positif Benzo, yang termasuk psikotropika," ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, saat itu.

Kedua, Roy Kiyoshi, artis sekaligus paranormal yang ditangkap polisi di daerah Cengkareng Indah, Jakarta Barat pada Rabu, 6 Mei 2020 sekitar pukul 17.00. Pada saat penyidik melakukan penggeledahan, ditemukanbarang bukti berupa 21 butir psikotropika. Hasil tes urine Roy Kiyosi positif benzo.

Seperrti diketahui, Millen ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya di sebuah kafe di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (28/2) dinihari. Berdasarkan hasil tes urin, keponakan Ashanty tersebut dinyatakan positif benzo.
“Kami memeriksa seorang selebgram berinisial MC dan temannya. Dari hasil tes urine dan usap antigen, mereka positif benzo,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Mukti Juharsa. (don)




 

Ini dia Benzo narkoba yang dipakai cillen mirus ternyata biasa dipakai obat penenang saat operasi

Loading...

Related Post