Ribuan Asset Pariwisata Indonesia Bagaikan Harta Karun Tersembunyi 

Ribuan Asset Pariwisata Indonesia Bagaikan Harta Karun Tersembunyi 
Ilustrasi air terjun curug Cilember, Bogor (ist)
Editor : Potan Anda Menulis — Selasa, 23 Februari 2021 16:16 WIB
terasjakarta.id
Oleh: Adian Radiatus
Pemerhati Sosial

Sabang sampai Merauke adalah kisah tentang keindahan suatu Negeri bernama Indonesia, namun sesungguhnya banyak tabir keindahannya yang memukai dunia dan belum tersentuh oleh 'beautiful hand' yang memiliki rasa dan karsa secara eleganitas profesional untuk mencetuskan terobosan yang signifikan.

Kini harapan itu telah muncul dengan hadirnya Sandiaga Uno sebagai Menparekraf yang selama ini memang sangat concern terhadap pengembangan pariwisata yang sekaligus terkait dengan upaya yang dilakukannya dalam memberdayakan para ujung tombak pejuang pelaku ekonomi  yaitu UMKM.

Sektor pariwisata lokal yang unik dan instagramable sangat erat kaitannya bagi implementasi kearifan lokal dalam membangun perekonomian warga setempat. Sebagai contoh, lihat saja misalnya puluhan titik-titik wisata curug atau keunikan keindahan lainnya diseputar kawasan Bogor dari Sentul hingga Dramaga belum lagi Ciawi - Sukabumi dengan  potensi 1 juta pengunjung diakhir pekan bila dapat ditata kelola secara profesional terintegrasi. Begitu pula daerah lainnya yang dapat ditemukan melalui 'mbah google'. 

Dukungan utama yang dibutuhkan adalah sarana prasarana oleh pemerintah pusat yang dalam hal ini kemenparekraf sebagai 'leader' konsepsionalnya. Didalamnya sudah terintegrasi berbagai aspek kebutuhan sebuah tujuan pariwisata.

Jadi disamping lima destinasi super prioritas yang menjadi andalan nasional, maka untuk menambah panjang 'stay schedule' liburannya para wisatawan mancanegara itu, sangatlah layak memasukan wisata lokal yang sudah tertata sebagai 'additional holidays' yang menarik dan berkesan.

Bila ditelusuri dan dipetakan dengan baik, akan terlihat bahwa hampir disetiap kabupaten propinsi ada saja obyek wisata yang selain indah juga memiliki keunikannya tersendiri. Bila mendapat dukungan secara profesional dari para 'stake holder' lokal beserta pemda setempat tentunya, maka otomatis ekonomi kreatif pun akan berkembang dengan sendirinya.

Prasarana dan sarana berupa akses jalan bagus dan lebar yang aman, rambu wisata dititik strategis lokasi lengkap dengan panduan seputarnya juga peta kuliner dan pusat oleh-oleh termasuk 'gimmick' adalah model pendaya tarik yang disenangi oleh para wisatawan.

Kemenparekraf dapat berinisiatif dengan membuka peluang bagi Pemprov dengan Pemda Kabupatennya untuk mendaftarkan secara lengkap potensi wisata diwilayahnya dengan melampirkan dokumentasi yang relevan beserta kebutuhan dan peluang potensi pengembangannya. 

Hal ini tentu sejalan dengan misi Pariwisata sekaligus mengangkat Ekonomi Kreatifnya yang kadang perlu digali karena belum tersentuh 'beautiful hand' sehingga seperti rahasia harta karun yang tersembunyi...



Ribuan Asset Pariwisata Indonesia Harta Karun Tersembunyi 

Loading...

Related Post