Polisi Bongkar Praktik Klinik Kecantikan Ilegal

Polisi Bongkar Praktik Klinik Kecantikan Ilegal
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus
Editor : Didit News — Selasa, 23 Februari 2021 15:51 WIB
terasjakarta.id - Polda Metro Jaya membongkar praktik klinik ilegal bernama Zevmine Skin Care di TB Simatupang, Ciracas, Jakarta Timur.

Dalam kasus ini, polisi mengamankan SW seorang dokter gadungan yang juga pemilik klinik. SW diamankan karena tidak memiliki legalitas sebagai seorang dokter.

"Dalam pengungkapan tersebut, polisi berhasil diamankan satu tersangka inisial SW alias Y. Dia adalah pemilik klinik kemudian juga yang melakukan praktik dokter kecantikan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Selasa (23/2/2021).

Menurut Yusri, selama buka praktik klinik kecantikan, tersangka tidak memiliki legalitas sebagai seorang dokter.

"Tapi hampir sebagian besar (konsumen) mengetahui yang bersangkutan adalah dokter. Klinik itu praktik dalam satu ruko dan panggilan. Tindakan medis, pertama melakukan injeksi botox, injeksi filler dan tanam benang," ujar Yusri.

Yusri menjelaskan, pengungkapan klinik kecantikan tersebut bermula adanya laporan yang diterima Subdit 3 Sumdaling Polda Metro Jaya.

"Kemudian kita coba penyelidikan. Karena menyangkut masalah kecantikan jadi polwan yang kita kedepankan untuk penyelidikan dan pelaku kita amankan," terangnya.

Berdasarkan pengungkapan kasus ini, polisi mengamankan barang bukti berupa beberapa peralatan kesehatan, jarum suntik, selang facial dan lainnya.

Tersangka persangkakan Pasal 77 jo Pasal 73 Ayat (1) dan atau Pasal 78 jo Pasal 73 (2) Undang-Undang Nomor 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran dengan ancaman 5 tahun penjara atau denda Rp 150 juta. (adt)

Polisi Klinik Kecantikan Legalitas Dokter Klinik Ilegal

Loading...

Related Post