Atasi Banjir, Pemprov DKI Targetkan Bangun 300 Ribu Sumur Resapan

Atasi Banjir, Pemprov DKI Targetkan Bangun 300 Ribu Sumur Resapan
Sumur Resapan
Editor : Didit Balaikota — Senin, 22 Februari 2021 19:31 WIB
terasjakarta.id  - Pemprov DKI Jakarta berencana akan membangun 300 ribu sumur resapan sepanjang tahun 2021 hingga 2022. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp400 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021.

"Itu yang akan kami mulai di tahun ini," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA), Juaini Yusuf di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (22/2/2021). 

Anak buah Anies ini pun optimis, target pengerjaan 300 ribu sumur resapan bisa terealisasi dengan baik sesuai rencana. Dengan demikian, Juaini berharap, banjir yang kerap melanda ibu kota bisa diatasi.

Lanjut Juaini, ratusan vendor pembuat sumur resapan telah disiapkan oleh Pemprov DKI untuk menjalankan program ini. 

"Kami mengharapkan banyaknya vendor jadi yang kerja makin banyak, sehingga program bisa cepat kita jalankan," papar dia. 

Juaini menyampaikan, drainase vertikal itu akan dibangun di atas lahan milik Pemprov DKI, seperti di kantor-kantor pemerintahan, puskesmas, hingga sekolah.

"Termasuk di taman, kalau di taman kita bisa buat lebih lebar. Lalu, di badan jalan, di pinggir jalan itu, di pemisah itu kami bisa buat yang lebih luas juga," paparnya. 

Juaini mengungkapkan, hingga saat ini baru 2.794 sumur resapan yang berhasil dibangun oleh Pemda DKI. Tapi hal ini jauh dari target yang dicanangkan Anies sebesar 1,8 juta sumur resapan untuk mengatasi banjir Jakarta.

Juaini beralasan, pihaknya terkendala masalah vendor yang hanya ada dua di tahun 2020 lalu. Namun, ia memastikan, pihaknya bakal mengebut pengerjaan sumur resapan di tahun 2021 ini hingga 2022. 

"Kemarin kenapa lambat? Karena vendornya cuma dua, nah sekarang lagi permintaan," tutupnya. (adt)

Kadis SDA Sumur Resapan Antisipasi Banjir Atasi Genangan

Loading...

Related Post