Kuatkan Sinergi, Kapolda Banten Kunjungi Padepokan Seni Debus Surosowan

Kuatkan Sinergi, Kapolda Banten Kunjungi Padepokan Seni Debus Surosowan
Andika Hazrumy saat menerima Kapolda Banten di Padepokan Debus Surosowan Banten.(ist)
Editor : Donald Rumah Rakyat — Senin, 22 Februari 2021 12:54 WIB
terasjakarta.id


Melakukan pendekaran dan bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat terus dilakukan  Kapolda Banten Irjen pol Rudy Hariyanto Adi Nugroho. Pada Senin (22/2/2021), Ia  melakukan kunjungan ke padepokan seni budaya debus Surosowan Banten.

Kapolda yang disampingi oleh Wakapolda disambut oleh Ketua Umum Pendekar Banten Indonesia, Andika Hazrumy yang juga merupakan Wakil Gubernur Banten.

Sebelum sampai ke Padepokan, Kapolda bersama Wakapolda Banten disematkan pakaian khas pendekar Banten, yang kemudian disambut dengan puisi sultan agung Tirtayasa.

Andika dalam sambutannya mengatakan, penyematan seragam pendekar kepada Kapolda dan Wakapolda ini merupakan tanda, bahwasannya beliau berdua sudah menjadi bagian dari keluarga besar pendekar Banten.

"Untuk penguatan Kemanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) sinergi antara pendekar Banten bersama Polda Banten kami ingin lebih diintensifkan antar keduanya," katanya.

Menurut Andika, aliran pencak silat di Banten sangat banyak. Hal itu merupakan warisan yang diteruskan oleh para leluhur sampai hari ini. 

"Potensi dari keberagaman ini kami harapkan bisa menjadi sebuah kekuatan untuk persatuan dan kesatuan tidak hanya pada skala Provinsi Banten, tetapi juga dalam menjaga kesatuan NKRI," tegasnya.

Untuk itu, lanjut Andika, dirinya meminta agar para pendekar yang ada di Banten bersama Polda Banten bisa terus bersinergi dalam melakukan Kamtibmas di Provinsi Banten.

"Pencak silat Banten ini didirikan oleh orang tua kami, Hasan Sohib. Kepada kami beliau memberikan amanahnya agar kami bisa merawat persatuan di Provinsi Banten di dalam keberagamannya," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen pol Rudy Hariyanto Adi Nugroho mengatakan, dirinya merasa terharu dengan sambutan yang luar biasa oleh para pendekar di sini.

" Hal ini merupakan pengalaman pertama saya yang luar biasa, apalagi diterima sebagai bagian dari keluarga besar pendekar Banten," ucapnya.

Selain itu, Kapolda juga ingin menegaskan bahwasannya Polda Banten akan terus meningkatkan sinergitas dengan seluruh unsur masyarakat yang ada di Provinsi Banten, termasuk dengan ulama dan para pendekar Banten.

"Ini merupakan bentuk pelaksanaan program saya, silaturahmi ke seluruh kalangan masyarakat Banten" ujarnya.

Kedepan, lanjutnya, sinergi antara pendekar Banten dengan Polda bisa lebih dieratkan lagi agar berjalan dengan baik.

"Kami juga mohon bantuannya untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas di Provinsi Banten. Saya sebagai tamu di sini, juga meminta bantuan penjagaan dari para pendekar di Banten ini," tutupny (don)

Kuatkan Sinergi Kapolda Banten Kunjungi Padepokan Seni Debus Surosowan

Loading...

Related Post