Ayo Memasak! Resep dan Cara Membuat Kue Cente Manis, Jajanan Pasar yang Bikin Ngiler

Ayo Memasak! Resep dan Cara Membuat Kue Cente Manis, Jajanan Pasar yang Bikin Ngiler
Jajanan pasar Kue Cente Manis (Foto: instagram.com/elyvia)
Editor : Donald Jakarta Food — Senin, 22 Februari 2021 10:44 WIB
terasjakarta.id


Kelezatan jajanan tradisional tak  lekang  oleh waktu. Meski kini banyak pilihan menu jajanan dengan munculnya jenis kue-kue baru, namun jajan tradisional masih terasa lebih nikmat dan selalu membuat kangen.

Salah satu yang disukai banyak orang adalah kue cente manis. Kue berbahan dasar santan, gula, tepung hunkwe, sagu mutiara ini memiliki rasa yang manis. Kue khas Betawi ini juga terlihat sangat cantik warnanya. Teksturnya yang kenyal dan lembut menambah sensasi untuk mencoba mencicipi kue yang satu ini..

Kue cente manis punya nama lain yaitu kue jentik manis. Sesuai namanya, kue basah ini memang sangat cantik dan manis. Kue ini  biasa dijadikan hidangan saat arisan, pertemuan keluarga, atau juga sebagai menu buka puasa kala Ramadhan.

Kue ini terbuat dari tepung hunkwe dan biji delima atau biasa disebut juga pacar cina. Tepung hunkwe sendiri merupakan tepung yang terbuat dari pati kacang hijau dan berwarna putih. Tekstur kue ini lembut dan empuk, mirip seperti puding.

Kamu yang penasaran dan ingin segera mencobanya, bisa membuat kue ini sendiri di rumah. Berikut Terasjakarta coba merangkungnya untuk Anda. Ayo memasak!

Bahan

Bahan:
- 100 gram sagu mutiara berwarna
- 50 gram tepung hunkue
- 100 gram gula pasir
- 500 ml santan
- ¼ sdt garam
- ¼ sdt vanili
- Plastik untuk membungkus

Cara Membuat

Cara membuat:
1. Rebus sagu mutiara hingga matang, cuci dan tiriskan.
2. Cairkan tepung hunkue dengan sebagian santan, sisihkan. Rebus sisa santan dengan garam sampai mendidih, masukkan cairan tepung hunkue sedikit demi sedikit sambil aduk. Tambahkan  gula dan vanili, aduk terus sampai gula larut. Masukkan sagu mutiara, aduk rata, angkat.
3. Masukkan ke dalam plastik, bentuk segi empat. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Biarkan  mengeras, siap disajikan. (don)

Ayo memasak resep cara membuat kue cente manis jajanan pasar yang bikin ngiler

Loading...

Related Post