Tips di Musim Hujan! Merawat Motor yang Menerjang Banjir hngga Mencuci Jaket Hujan Anda

Tips di Musim Hujan! Merawat Motor yang Menerjang Banjir hngga Mencuci Jaket Hujan Anda
Musim hujan kerap membuat motor macet akibat terendam banjir (ist)
Editor : Donald Jakarta Style — Minggu, 21 Februari 2021 12:10 WIB
terasjakarta.id


 

Saat ini hujan mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia dan banjir pun terjadi di mana-mana. Hal ini tentu berdampak pada perjalanan Anda terutama bagi pengguna kendaraan roda dua seperti sepeda motor.

 Intensitas hujan yang tinggi dan berlangsung lama tidak hanya berisiko untuk menyebabkan badan menjadi rentan untuk sakit, , tetapi juga berisiko untuk menyebabkan gangguan pada sepeda  motor karena adanya genangan air atau banjir. Bahkan, jaket yang kita kenakanpun berersiko bau dan harus dirawat dengan benar di saat musim hujan.

Berikut Terasjakarta memberikan tips bagi Anda bagaiaman mengatasi sepeda motor yang terendam banjir dan bagaimana merawat jaket hujan Anda agar tetap nyaman dipakai dan terhindar dar bau.

  1. Cara Merawat Motor  di Musim Hujan

Dalam situasi hujan sepeda  motor Anda bisa saja mogok seketika apalagi bila kita a mencoba-coba untuk menerjang banjir. Untuk menghindari motor mogok di musim hujan, simak tips berikut ini 

 

  • Pastikan Air Tidak Merendam Filter Udara

Filter udara pada motor berfungsi menyaring kotoran agar tidak masuk ke mesin. Apabila terendam banjir, filter udara ini bisa rusak dan bisa mengakibatkan motor mogok. Jadi jika ketinggian air melebihi filter, carilah jalan alternatif lainnya. Dan pastikan usai melintasi banjir, ada baiknya segera mengganti filter udara.

 

  • Perhatikan Kondisi Busi

Busi bermasalah bisa mengakibatkan motor mogok. Perhatikan kondisi busi usai melintasi hujan. Pastikan bagian dalam kop busi dalam kondisi kering. Lapisi busi dengan grease untuk mencegah air masuk ke pengapian.

 

  • Cek Kabel Kelistrikan Hingga Karburator

Untuk menghindari mogok, cek kabel dan kelistrikan hingga karburator dan pastikan dalam keadaan yang baik. Jika sempat terendam air banjir, segera bersihkan karburator dari sisa air dan bawa ke bengkel untuk bisa dilakukan pengecekan.

 

  1. Cara Merawat Jaket Agar Awet dan Tidak Bau

Jas hujan menjadi salah satu piranti wajib yang dibawa pada musim hujan terutama bagi  pengendara sepeda motor. Lantaran  hujan hampir setiap hari terjadi, agar awet kamu  perlu tahu cara mencuci jas hujan yang benar.

Kebanyakan orang setelah memakai jas hujan, langsung dijemur lalu disimpan. Padahal cara ini membuat jas hujan cepat rusak dan tidak tahan air. Nah, berikut ini cara mencuci jas hujan Anda.

  • Rendam jas hujan ke dalam air yang sudah dicampur dengan detergen cair.
  • Jangan dikucek, namun diusap perlahan sampai pada bagian luar dan bagian dalam jas hujan hingga bersih.
  • Bisa juga gosok jas hujan dengan sikat gigi atau sikat yang lembut untuk membersihkan kotoran yang menempel pada jas hujan.
  • Bisa memakai mesin cuci ketika ingin mencuci jas hujan untuk mempermudah dan mempersingkat waktu.
  • Namun, perlu diingat bahwa ketika mencuci jas hujan, jangan dicampur dengan pakaian lainnya maupun jas hujan lainnya karena gesekan dengan pakaian lain akan membuat jas hujan cepat rusak.
  • Setelah dicuci bersih, jemur dan keringkan jas hujan di bawah sinar matahari. Namun, jangan di tempat yang terlalu terik ya.Jangan mengeringkan jas hujan di dalam mesin cuci.
  • Jangan cuci jas hujan terlalu sering karena dapat merusak bahan pada jas tersebut.
  • Sebelum disimpan, pastikan jas hujan benar-benar dalam keadaan kering agar tidak berjamur maupun bau. (don)

 

Tips musim hujan merawat motor menerjang banjir mencuci jaket hujan

Loading...

Related Post