Taman Ismail Marzuki, Ruang Ekspresi Seniman yang Menyajikan Karya-karya Inovatif

Taman Ismail Marzuki, Ruang Ekspresi Seniman yang Menyajikan Karya-karya Inovatif
Gedung Teater, salah satu destinasi wisata di Taman Ismail Marzuki (Ist)
Editor : Donald Traveling — Minggu, 21 Februari 2021 09:36 WIB
terasjakarta.id


Taman Ismail Marzuki merupakan Tempat Wisata di Jakarta terkenal  sejak dulu. Tempat ini menghadirkan konsep wisata budaya di setiap suasananya. Anda dapat menikmati berbagai pentas seni seperti teater, pertunjukan musik, pembacaan puisi dan lain-lain yang ditampilkan oleh mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Sejak pertama kali dibuka pada tahun 1968, Taman Ismail Marrzuki (TIM) yang berada di kawasan  Cikini,  Jakarta Pusat ini telah menjelma sebagai salah satu tempat wisata terkenal yang tidak pernah sepi pengunjung. TIM menjadi tempat penyelenggaraan berbagai event kesenian, antara lain pementasan musik, film, wayang, pagelaran tari, drama serta pameran lukisan.
Hanya saja, di saat pandemi Covid-19 ini pihak pengelola memang melakukan pembatasan-pembatasan aktivitas di sana untuk mendukung upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran  virus corona

 Apalagi, saat ini sedang dilakukan  pembangunan  dan revitalisasi TIM. Proyek yang dimulai pada  Juni 2019 ini ditargetkan rampung pada Juni 2021.

Menurut keterangan Jakarta Propertindo (Jakpro)  yang melakukan revatilisasi TIM, saat ini progres keseluruhan proyek revitalisasi TIM telah mencapai 55 persen.  Makanya, menarik ditunggu seperti apa wajah baru TIM nantinya.  Yang pasti, TIM merupakan salah satu landmark utama kota Jakarta.

Tempat yang memiliki nama lengkap 'Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki' ini, menjadi simbol eksistensi Jakarta sebagai pusat perkembangan seni dan budaya di Indonesia.
Berdasarkan sejareah, nama TIM sendiri berasal dari nama seorang komponis pejuang Indonesia, Ismail Marzuki. Keberadaan TIM merupakan penghargaan atas kontribusinya bagi khazanah musik Indonesia.

Selain diabadikan sebagai nama pusat kesenian yang terletak di Jalan Cikini Raya 73 ini, Ismail Marzuki juga dianugerahi gelar pahlawan nasional yang secara resmi di umumkan pada tanggal 10 November 2004.

TIM memiliki 6 ruang teater modern, balai pameran, galeri, gedung arsip serta bioskop. Didalam komplek TIM terdapat pula Planetarium Jakarta, yang diresmikan pada 1964 oleh Presiden Soekarno sebagai wahana wisata pendidikan bagi masyarakat. Selain itu, di komplek ini juga terdapat Institut Kesenian Jakarta sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang secara khusus berkiprah dalam bidang seni, antara lain seni rupa, seni peran dan lainnya.

Selain yang sudah disebutkan di atas, jika Anda dan keluarga berwisata ke TIM, berikut fasilitas-fasilitas yang layak Anda kunjungi

  • Graha Bhakti Budaya: adalah Gedung Pertunjukan yang besar, mempunyai kapasitas 800 kursi, 600 kursi berada di bawah dan 200 kursi di balkon. Panggung GBB berukuran 15m x 10m x 6m. Gedung ini dapat dipergunakan untuk gedung pertunjukan konser musik, teater baik tradisional maupun modern, tari, film, dan dilengkapi dengan tata cahaya, sound sistem akustik, serta pendingin ruangan.
  • Galeri Cipta II dan Galeri Cipta III: adalah ruang pameran yang lebih besar dari Galeri Cipta III (GC III). Kedua ruang tersebut dapat dipergunakan untuk pameran seni lukis, seni patung, diskusi dan seminar, dan pemutaran film pendek. Gedung ini dapat memuat sekitar 80 lukisan dan 20 patung serta dilengkapi dengan pendingin ruangan, tata cahaya khusus, tata suara serta panel yang dapat dipindah-pindahkan.
  • Teater Kecil/Teater Studio: merupakan gedung pertunjukan yang dipersiapkan untuk 200 orang. Gedung ini mempunyai banyak fungsi seperti seni pertunjukan teater, musik, pembacaan puisi, seminar,dll. Teater Kecil mempunyai ukuran panggung 10m x 5m x 6m. Gedung ini juga dilengkapi sistem akustik, tata cahaya dan pendingin ruangan.
  • Teater Halaman (Studio Pertunjukan Seni): Dipersiapkan untuk pertunjukan seni eksperimen bagi seniman muda teater dan puisi, mempunyai kapasitas penonton yang fleksibel.
  • Plaza dan Halaman: TIM mempunyai areal parkir yang cukup luas yang merupakan lahan serba guna dan dapat dipergunakan untuk berbagai pertunjukkan kesenian open air.
  • Teater Jakarta: Sebagai tambahan baru ke koleksi teater di Taman Ismail Marzuki, Teater jakarta memiliki panggung dengan luas 14 X 16 X 7~9 m. Dapat menampung sampai 1200 orang, teater ini ditunjang dengan fasilitas-fasilitas termutakhir yang memungkinkan acara skala besar bisa diadakan di teater ini. (don/berbagai sumber)

 

 

Taman Ismail Marzuki ruang ekspresi seniman menyajikan karya-karya inovatif

Loading...

Related Post