Ayo Mamasak! Resep dan Cara Membuat Roti Gambang, Sarapan Meneer Belanda Tempo Dulu

Ayo Mamasak! Resep dan Cara Membuat Roti Gambang, Sarapan Meneer Belanda Tempo Dulu
Resep dan cara membuat roti gambang (Foto: Cookpad)
Editor : Donald Jakarta Food — Sabtu, 20 Februari 2021 02:47 WIB
terasjakarta.id


Roti gambang adalah  roti khas Betawi. Berbahan dasar tepung terigu dan gula merah. Warna cokelatnya itu karena gula merah alami tanpa membutuhkan pewarna sintesis. Roti ini memiliki tekstur yang empuk dan sedikit renyah tidak selembut roti pada umumnya. Bertaburkan wijen di atas untuk menambah kesan cantik, beraroma manis dan lezat di mulut.

Roti gambang merupakan salah satu kuliner dengan mengadopsi proses pembuatan roti yang biasa disajikan atau disantap oleh orangBelanda pada masa colonial,  namun dengan menggunakan bahan yang mudah diperoleh.

Hal ini dapat dilihat dari bahan Roti Gambang, yaitu Baking Powder yang digunakan sebagai pengganti bahan roti pada umumnya, yaitu ragi. Begitu juga halnya dengan penggunaan gula merah untuk menggantikan gula pasir yang pada masa dahulu memang sulit diperoleh.

Satu lagi adalah kayu manis yang digunakan sebagai pengganti spekoek. Walaupun berbagai bahan yang digunakan berbeda dengan bahan roti pada umumnya, Masyarakat Betawi mengidentifikasikan kuliner tersebut dengan nama roti. Kata “Gambang” dalam kuliner Roti Gambang digunakan karena melihat warna dan bentuk roti tersebut yang menyerupai salah satu alat musik Betawi, yaitu Gambang.

Kini keberadaan roti gambang mulai jarang ditemui karena munculnya beragam makanan yang berpenampilan lebih menarik dan lebih nikmat. Namun, pembutan roti gambang sebenarnya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Bagaimana? Anda tertarik membuatnya? Berikut Terasjakarta coba merangkum cara membuat roti gambang yang nikmat untuk Anda.

 

Bahan yang diperlukan:

  • 200 gr tepung terigu protein sedang
  • ½ sdt baking powder
  • 1 butir kuning telur
  • 50 gr margarin, lelehkan
  • 1 std kayu manis
  • ½ sdt soda kue
  • ½ sdt garam
  • air secukupnya untuk olesan
  • 75 ml air
  • 100 gr gula merah, sisir
  • 15 gr wijen putih, sangrai.

Langkah membuat roti gambang enak dan renyah:

  1. Mulai untuk menyiapkan panci untuk merebus gula dan juga air hingga larut, aduk agar tercampur rata, kemudian saring dan bisa dinginkan.
  2. Selanjutnya siapkan wadah lainnya untuk mencampur tepung roti, gula pasir, tepung terigu, soda kue, baking powder, kayu manis, dan juga telur. Lalu aduk dan uleni sampai rata.
  3. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit kedalam adonan tepung dan juga uleni sampai rata.
  4. Lalu tambahkan margarine kedalam adonan tepung dan bisa aduk kembali. Uleni sampai adonan menjadi halus dan diamkan selama 20 menit.
  5. Kemudian timbang adonan dengan takaran 40 gram lalu bentuk dengan lonjong.
  6. Setelah itu bisa olesi terlebih dahulu dengan air lalu taburi dengan wijen.
  7. Lakukan sampai adonan habis.
  8. Setelah selesai dibentuk lalu masukkan semua adonan kedalam oven dengan angka 170 derajat celcius.
  9. Tunggu hingga matang kemudian keluarkan dari dalam mesin oven .
  10. Roti gambang telah jadi dan siap disajikan. (don)

 

 

Ayo memasak resep cara membuat roti gambang sarapan meneer belanda tempo dulu

Loading...

Related Post