Terima 60 Ribu Dosis, DKI Siap Berikan Vaksin COVID-19 kepada Lansia Hari Ini

Terima 60 Ribu Dosis, DKI Siap Berikan Vaksin COVID-19 kepada Lansia Hari Ini
Kadis Kesehatan, Widyastuti
Editor : Didit Balaikota — Jumat, 19 Februari 2021 18:09 WIB
terasjakarta.id - Pemprov DKI Jakarta dalam hal ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI siap melakukan vaksinasi terhadap kelompok lansia secara umum pada Jumat (19/2/2021) hari ini.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan, Widyastuti, setelah pihaknya menerima 60.000 dosis vaksin COVID-19.

"Kami akan segera memberikan layanan (pemberian vaksinasi COVID-19) kepada Lansia hari ini, karena vaksinnya baru datang subuh tadi. Langsung kita siapkan lokasinya dan akan didistribusikan di tingkat kota, lalu ke tingkat faskes masing-masing," kata Widyastuti.

Sedikit berbeda dengan vaksin tahap pertama yang diberikan kepada tenaga kesehatan, yaitu menggunakan single dose di mana satu vial berisi 0,5 cc untuk satu orang, vaksin tahap 2 menggunakan sistem multi dose. 

"Vaksin ini bahan dasarnya sama, namun diformulasikan kembali oleh Bio Farma, namanya COVID Bio dan dikemas dalam bentuk satu botol berisi 5 cc untuk 10 orang, jadi multi dose. Pada praktiknya biasanya terpakainya untuk 8-10 orang," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap 2 untuk Lansia dan Petugas Pelayanan Publik, dimulai sejak Rabu (17/2/2021) dengan sasaran para pedagang dan penunjang lainnya di Pasar Tanah Abang.

Provinsi DKI Jakarta ditunjuk menjadi percontohan pemberian vaksinasi di pasar, yang pada pelaksanaanya dilakukan dengan koordinasi bersama Kemenkes, Perumda Pasar Jaya, dan komunitas di pasar. (adt)

Vaksin Covid-19 Kadis Kesehatan Dinkes Pemprov DKI

Loading...

Related Post