Wita: Kebijakan LED di Kota Tua Cukup Bagus

Wita: Kebijakan LED di Kota Tua Cukup Bagus
Anggota DPRD DKI Fraksi Demokrat, Wita Susilowaty
Editor : Potan Rumah Rakyat — Jumat, 19 Februari 2021 11:00 WIB
terasjakarta.id
Pemprov DKI menetapkan kawasan Kota Tua sebagai kawasan rendah emisi atau low emission zone (LEZ). Kendaraan bermotor yang tidak lolos uji emisi dilarang melintas di kawasan tersebut.

Kebijakan itu sudah dilakukan sejak Senin (8/2). Berbagai tanggapan muncul terkait pembatasan kendaraan melintas di wilayah itu. Sebagian pedagang yang berada sekitar Kota Tua mengeluhkan karena memperlambat dan membuat semakin jauh pengangkutan barang. 

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD DKI Wita Susilowaty menilai, kebijakan Pemprov soal LEZ sudah tepat dan terlebih dahulu dilakukan kajian. 

"Saya rasa kebijakan itu sudah tepat. Pemprov DKI pasti sudah melakukan kajian terkait keputusan tersebut," kata Wita, saat dihubungi, Jumat (19/2/2021).

Menurut Ketua DPC Demokrat Jakarta Barat ini, apabila ada keberatan dari masyarakat, sebaiknya dikaji ulang atau adanya waktu tertentu untuk dapat melintas. 

"Kalau memang ada keberatan, perlu dikaji kembali. Termasuk dibuat perubahan waktu, jam padat atau pulang kantor, mungkin diperbolehkan melintas. Namun yang jelas langkah Pemprov dalam menciptakan udara sehat saya rasa itu sangat bagus," tutupnya. 


Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan penerapan kebijakan LEZ akan dilakukan selama 24 jam. Kebijakan di kawasan Kota Tua ini mencakup sekitar kawasan Museum Fatahilah, yakni Jalan Pintu Besar Utara-Jalan Kalibesar Barat sisi Selatan-Jalan Kunir sisi Selatan-Jalan Kemukus-Jalan Ketumbar-Jalan Lada.

"Kendaraan pribadi, angkutan barang, dan angkutan umum non TJ tidak diperkenankan melalui ruas jalan LEZ, dengan pengecualian yang telah diatur," kata Syafrin, Kamis (4/2/2021).

Berikut rincian pengalihan arus di Kawasan Kota Tua:

Arus Lalu Lintas dari Jalan Gedong Panjang diarahkan melalui Jalan Pejagalan Raya-Jalan Pasar Pagi Lama-Jalan Perniagaan Baru-Jalan Petak Baru (Asemka)-Jalan Pintu Besar Selatan ke arah selatan.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Tongkol diarahkan melalui Jalan Cengkeh-Jalan Kunir Sisi Utara-melalui Jalan Kampung Bandan-Jalan Lodan Raya-Jalan Gunung Sahari ke arah selatan.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Gedong Panjang diarahkan melalui Jalan Bandengan Selatan ke arah Barat.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Tongkol diarahkan melalui Jalan Pakin-Jalan Gedong Panjang-Jalan Bandengan Selatan ke arah Barat.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Gedong Panjang diarahkan melalui Jalan Kopi-Jalan Roa Malaka Utara-Jalan Tiang Bendera-Jalan Nelayan Timur-Jalan Cengkeh-Jalan Kunir Sisi Utara-Jalan Kampung Bandan-Jalan Lodan Raya ke arah Timur.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Tongkol diarahkan melalui Jalan Cengkeh-Jalan Kunir Sisi Utara-Jalan Kampung Bandan-Jalan Lodan Raya ke arah Timur.

Arus Lalu Lintas dari Jalan R.E. Martadinata diarahkan melalui Jalan Lodan Raya-Jalan Pakin-Jalan Gedong Panjang ke arah Utara.

Arus Lalu Lintas dari Jalan R.E. Martadinata diarahkan melalui Jalan Lodan Raya-Jalan Pakin-Jalan Gedong Panjang-Jalan Bandengan Selatan ke arah Barat.

Arus Lalu Lintas diarahkan melalui Jalan Gunung Sahari ke arah selatan.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Pintu Besar Selatan/Jalan Pancoran diarahkan melalui Jalan Pintu Kecil-Jalan Malaka-Jalan Malaka II-Jalan Kopi-Jalan Bandengan Selatan-Jalan Bandengan Utara Raya-Jalan Gedong Panjang ke arah Utara.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Pintu Besar Selatan diarahkan melalui Jalan Jembatan Batu-Jalan Mangga Dua Raya ke arah Timur.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Pintu Besar Selatan diarahkan melalui Fly Over Pasar Pagi ke arah Barat.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Pancoran diarahkan melalui Jalan Pintu Kecil-Jalan Malaka-Jalan Malaka II-Jalan Kopi-Jalan Bandengan Selatan ke arah Barat.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Bandengan Selatan diarahkan melalui Jalan Gedong Panjang ke arah Utara.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Bandengan Selatan diarahkan melalui Jalan Kopi-Jalan Roa Malaka Utara-Jalan Tiang Bendera-Jalan Nelayan Timur-Jalan Cengkeh-Jalan Kunir Sisi Utara-Jalan Kampung Bandan-Jalan Lodan Raya ke arah Timur.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Bandengan Selatan diarahkan melalui Jalan Gedong Panjang berputar ke selatan-Jalan Pejagalan Raya-Jalan Pasar Pagi Lama-Jalan Perniagaan Baru-Jalan Petak Baru (Asemka)-Jalan Pintu Besar Selatan ke arah selatan.

Wita Kebijakan LED Kota Tua Cukup Bagus

Loading...

Related Post