Ciptakan Udara Bersih, Rekan Indonesia Berharap Pemerintah Daerah Tiru Konsep Anies Soal Kebijakan LEZ

Ciptakan Udara Bersih, Rekan Indonesia Berharap Pemerintah Daerah Tiru Konsep Anies Soal Kebijakan LEZ
Kota Tua (ist)
Editor : Potan Berita Anda — Jumat, 19 Februari 2021 09:07 WIB
terasjakarta.id

Kebijakan Low Emission Zone (LEZ) atau Zona Emisi Rendah yang diterapkan di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, patut ditiru kota-kota lainnya di Indonesia.

Hal itu disampaikan Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia. Ketua Rekan Indonesia Agung Nugroho mengatakan, pihaknya menilai konsep Gubernur Anies itu salah langkah positif dalam menciptakan udara sehat. 

"Konsep zona emisi rendah yang diciptakan Anies bisa berdampak positif bagi kesehatan warga, makanya kota-kota lain bisa menirunya," kata Agung melalui keterangan tertulis, Jumat (19/2/2021).

Menurut Agung, konsep zona emisi juga akan mengubah pola hidup warga ibu kota akan berubah. Artinya warga akan terbiasa berjalan kaki ketimbang menggunakan kendaraan bermotor, dan dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor mampu menekan polusi udara di ibu kota. 

"Di masa pandemi ini kan kota butuh stamina dan udara segar. Jadikan jalan kaki sebagai budaya," ujar Agung.

"Jika begitu, diharapkan kualitas kesehatan warga juga akan meningkat," tambahnya.

Agung melanjutkan, memang dibutuhkan tindakan ekstra untuk memberikan udara bersih yang cukup untuk meningkatkan kesehatan warga.

Pasalnya, nitrogen oksida yang dihasilkan  oleh kendaraan telah menjadi masalah besar kota-kota besar di Indonesia.

"Waktu penerapan zona emisi rendah juga harus diperpanjang, kalau bisa 24 Jam dengan harapan konsentrasi nitrogen dioksida bisa turun sepertiga," sambung Agung.

Apabila konsentrasi nitrogen dioksida bisa turun sepertiga, maka warga akan dapat menghirup udara yang jauh lebih bersih.

"Dampak positif menghirup udara bersih salah satunya berkurangnya penyakit paru-paru," pungkas Agung.

Untuk diketahui, zona emisi rendah yang diberlakukan sejak 8 Februari 2021 membuat kualitas udara di kawasan Kota Tua kini membaik. 



Ciptakan Udara Bersih Rekan Indonesia Berharap Pemerintah Daerah Tiru Konsep Anies Soal Kebijakan LEZ

Loading...

Related Post