Ini Penyebab Anda Sering Terbangun Saat Tidur Malam Hari

Ini Penyebab Anda Sering Terbangun Saat Tidur Malam Hari
Kebiasaan terbangun saat tidur malam kadang bikin kesal (Ist)
Editor : Donald Jakarta Style — Kamis, 18 Februari 2021 11:13 WIB
terasjakarta.id


Kita hampir pasti pernah mengalami terbangun  pada malamn hari. Sekali dua kali mungkin masih merupakan hal yang wajar. Tapi kalau masalah ini sering terjadi, sudah pasti akan mengganggu kualitas tidur kita.

Apalagi kalau situasi ini membuat kita sulit untutk tidur lagi. Ini tentu akan sangat mengganggu.

Ada berbagai gangguan yang menyebabkan hal itu terjadi dari masalah kesehatan hingga psikis, berikut ini beberapa penyebab gangguan tidur yang sering dialami .

 

  • Nyeri atau sakit, penyebab yang pertama adalah nyeri karena radang sendi, gagal jantung, anemia sel sabit, atau kanker. Beri tahu dokter jika kamu mengalami sakit signifikan saat tidur. Mungkin dokter dapat memberikan rekomendasi obat untuk mengatasi masalahmu tersebut.

 

  •  Konsumsi Kafein atau alcohol pada sore hari, jika kita pada sore hari mengkonsumsi salah satu diantaranya, hal ini menyebakan anda akan terbangun pada malam hari dan sulit untuk tidur kembali .

 

 

  •  Hal selanjutnya yang dapat menyebabkan orang terbagun pada malam hari adalah hormone . Wanita sering terbangun di malam hari ketika level hormonnya berubah selama menstruasi atau menopause. Hot flashesdan keringat malam juga sangat mengganggu saat tidur.

 

  •  Stress, hal psikis yang dapat menyebabkan orang terbangun pada malam hari yaitu stress, stress meliputi Skizrofenia, Bipolar, depresi atau rasa kecemasan dan traumatik

 

  •  Volume kencing yang tinggi, bisa jadi karena kamu minum banyak cairan di siang hari atau karena kondisi kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, atau peradangan kandung kemih.

 

  •  Hal lain yang dapat menyebabkan orang terbangun pada malam hari yaitu Penyakit otak dan saraf, termasuk Alzheimer dan Parkinson.

 

  •  Obat-obatan untuk mengobati kondisi-kondisi ini juga dapat mempengaruhi tidurmu termasuk beta-blocker, antidepresan, obat-obatan ADHD, dekongestan, dan perawatan pernapasan yang mengandung steroid. Kesulitan bernapas dari asma, bronkitis, atau penyakit paru-paru lainnya.

 

  • Masalah pencernaan, terutama rasa sakit dan batuk

     akibat refluks asam atau gejala sindrom iritasi usus.

  • Obstructive Sleep Apnea (OSA), ini merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan sumbatan jalan napas. Cirinya ketika penderita tertidur napasnya terlihat berat. Ini menyebabkan penderita OSA tidak tidur nyenyak dan sering terbangun di malam hari.
  • GERD (Gastroesophageal reflux disease) merupakan penyakit yang ditandai dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan dan mulut. Penyakit lambung ini dapat menyebabkan seseorang terbangun di malam hari. Ini karena GERD terkadang menimbulkan keluhan dada terasa terbakar atau mulut terasa asam di malam hari.

Untuk mencegah hal tersebut, penderita GERD disarankan makan paling lambat 4 jam sebelum tidur.

  • Depresi, memiliki gejala utama berupa murung, rasa malas beraktivitas, dan merasa tidak memiliki energi melakukan kegiatan yang sebelumnya dianggap menyenangkan.Bagi penderita depresi lalu sering terbangun tengah malam, kondisi ini bisa meningkatkan level stres. Untuk mengatasinya, penderita depresi perlu berkonsultasi dengan psikiater agar mendapatkan obat antidepresan dan terapi kognitif-perilaku.
  • Gangguan asma. Jika terbangun di tengah malam disebabkan oleh rasa sesak napas, bisa jadi asma yang menjadi penyebabnya. Serangan asmalebih rentan terjadi pada malam

 Umumnya, ditandai dengan gangguan saat membuang         napas disertai dengan bunyi seperti siulan alias mengi. Untuk meredakan gejala asma, penderitanya membutuhkan obat asma hirup atau inhaler.

 

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kita terbagun pada malam hari, untuk dapat mengatasinya hindari kafein dan alcohol sebelum tidur, makan – makaanan yang sehat serta berolah raga ringan atau juga bisa merileksasikan tubuh kita, selain itu ika gangguan tidur ini menjadi semakin parah, konsultasikan penyebab anda pada dokter agar mendapatkan penanganan, karena kualitas tidur yang tidak baik dapat mempengaruhi kesehatan lainya/poskotajabar/Don)

Ini penyebab anda sering terbangung saat tidur malam hari

Loading...

Related Post