Kebakaran di Tambora, 95 Personel Gulkarmat Dikerahkan

Kebakaran di Tambora, 95 Personel Gulkarmat Dikerahkan
Kebakaran di Tambora, Jakarta Barat
Editor : Admin News — Rabu, 17 Februari 2021 18:19 WIB
terasjakarta.id  - Kebakaran melanda sejumlah bangunan rumah tinggal semi permanen di Jl Kalianyar Raya No 2, RT 09/08 Kelurahan Kalianyar, Tambora, Rabu (17/2/2021) sore.

Sebanyak 95 personel Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Barat dikerahkan untuk memadamkan kebakaran tersebut.

"Kami kerahkan 95 personel untuk mengatasi kebakaran ini," kata Kasi Operasi Sudin Gulkarmat Jakarta Barat, Eko Sumarno, Rabu (17/2/2021).

Eko mengatakan, petugas menerima informasi kebakaran pada pukul 15.49. Kemudian pukul 16.10 petugas sudah tiba di lokasi kejadian.

"Sementara ini kami masih melakukan pendinginan di lokasi kejadian. Jumlah bangunan yang terbakar dalam pendataan. Begitu juga penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan," ujar Eko.

Ditambahkan Eko, lokasi kebakaran kawasan padat penduduk dan didominasi oleh keberadaan bangunan semi permanen. Alhasil api dengan mudah menjalar melahap bangunan lain di sekitarnya.

Sebelumnya kebakaran juga melanda rumah berlantai dua di Jl Batu Ampar 1 RT 13/04 No 40 Batu Ampar, Kramat Jati, Rabu (17/2/2021) sore.

Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, kebakaran rumah kost yang dihuni 15 jiwa ini disebabkan karena kebocoran tabung gas elpiji yang digunakan memasak.  

"Kebakaran bermula saat penggantian tabung gas. Mungkin terjadi kebocoran sehingga tabung meledak dan apinya menyambar ke sekitar dapur. Dalam sekejap api membesar dan menjalar ke bagian lainnya," tutur Gatot. 

Untuk memadamkan kobaran api, jelas Gatot, pihaknya mengerahkan empat unit mobil pemadam dengan 20 personel. 

"Dalam waktu sekitar 45 menit api berhasil dipadamkan petugas," ungkapnya.

Akibat kejadian ini, seorang warga mengalami luka bakar sekitar 25 persen dan langsung dilarikan ke klinik terdekat untuk mendapatkan penanganan medis. Sedangkan kerugian materil ditaksir mencapai Rp 50 juta. (adt)

Kebakaran Kebakaran Tambora Sudin Gulkarmat

Loading...

Related Post