Soal Kerumunan Barongsai di Jakut, Ini Kata Polisi

Soal Kerumunan Barongsai di Jakut, Ini Kata Polisi
Pertunjukan Barongsai di PIK, Jakut
Editor : Admin News — Selasa, 16 Februari 2021 13:49 WIB
terasjakarta.id - Kesenian Barongsai yang digelar di Pantjoran PIK, Pantai Maju, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara saat perayaan Imlek, 14 Februari lalu masuk ranah hukum.

Pasalnya kesenian yang sempat viral di media sosial itu diduga mengundang kerumunan dan berpotensi terciptanya kluster baru penyebaran COVID-19.

Polisi menyatakan, kasus tersebut kini telah naik ke penyidikan. Demikian dikatakan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Dwi Prasetyo, Selasa (16/2/2021).

"Iya sudah kita mintai keterangan dan sudah naik ke sidik (penyidikan)," kata Dwi Prasetyo.

Dwi mengatakan dari sejumlah saksi yang telah diperiksa, pihaknya telah menemukan adanya pelanggaran pidana dari kegiatan tersebut.

"Iya (ada pelanggaran pidana). Intinya masih pemeriksaan. Yang pasti sudah naik sidik," ujar dia.

Sejauh ini ada sejumlah saksi yang telah dimintai keterangan. Salah satunya adalah pihak yang berkaitan pemberian izin di tempat tersebut.

Dwi menambahkan, kegiatan panggung barongsai tersebut dilakukan tanpa adanya niatan mengundang kerumunan massa. Dia menyebut warga yang datang ke lokasi pun tidak dimintai biaya pendaftaran.

"Jadi jangan dianggap seperti konser musik. Kalau konser musik mungkin ada panitia yang sponsori dan segala macamnya, itu nggak. Ini karena ada lahan kosong dia atraksi itu aja. Itu kan nggak ada dia undangan terus bayar, ada tiket nonton, ini nggak ada. Jadi sebatas atraksi aja," tutur Dwi.

Hingga saat ini penyidikan masih terus dilakukan terkait kerumunan dari kegiatan di panggung barongsai tersebut. Sejumlah saksi pun masih akan dimintai keterangan.

Seperti diketahui, panggung Barongsai yang digelar di Pantjoran PIK, Pantai Maju, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara dilakukan penyegelan. Langkah penyegelan diambil usai tempat tersebut menimbulkan kerumunan pada perayaan Imlek 14 Februari lalu.

Dari video, tayangan panggung barongsai tersebut memang terlihat menimbulkan kerumunan massa. Masyarakat mulai dari orang tua hingga anak-anak terlihat memadai tempat tersebut melihat pertunjukan barongsai.

Meski mayoritas pengunjung nampak menggunakan masker, namun anjuran untuk menjaga jarak di tempat tersebut abai dilakukan. (adt)

Kesenian Barongsai Langgar Prokes Imlek 2021 Polres Jakut

Loading...

Related Post