Ini Syarat Lansia Penerima Vaksinasi Covid-19

Ini Syarat Lansia Penerima Vaksinasi Covid-19
Seorang nenek berusia 96 tahun menerima suntikan vaksin Covid-19 di panti jompo Los Olmos, Guadalajara, Spanyol beberapa waktu lalu (Foto: Xinhua)
Editor : Donald News — Selasa, 16 Februari 2021 11:57 WIB
terasjakarta.id


Para oangtua lanjut usia (lansia) akhirnya diperbolehkan menerima vaksinasi covid-19. Hal ini terjadi setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan telah memberikan persetujuan darurat penggunaan vaksin Covid-19 pada kelompok masyarakat lansi.

Proses vaksinasi akan dilakukan pada tahap kedua setelah proses vaksinasi kepada tenaga kesehatan. Saat ini,  ada 21 juta lansia berusia di atas 60 tahun yang menjadi sasaran prioritas.

Meski demikian, para lansia yang akan menerima vaksinasi ini akan melalui proses skrining khusus dan juga berbagai pertanyaan tambahan untuk memastikan kondisinya sebelum divaksin.

Selain itum ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi agar kelompok masyarakat lansia dapat mengikuti vaksinasi Covid-19:

Pemberian vaksin pada lansia ini memang  membutuhkan perhatian khusus mengingat kelompok ini rentan memiliki komorbid atau kondisi penyerta. Termasuk di dalamnya adalah penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes.

Kesulitan untuk naik 10 anak tanggaDalam fact sheet yang dipublikasikan di Pusat Informasi Obat Nasional (PIONAS), tercantum beberapa kondisi yang harus jadi perhatian sebelum lansia bisa disuntik vaksin Covid-19. Kondisi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Penurunan aktivitas fisik (sering merasa kelelahan)
  • Memiliki 4 dari 11 penyakit (Hipertensi, diabetes, kanker (selain kanker kulit kecil), penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma nyeri sendi, stroke dan penyakit ginjal)
  • Mengalami kesulitan berjalan kira-kira 100 sampai 200 meter
  • Penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun. (don)

 

Ini syarat lansia boleh menerima vaksinasi covid-19

Loading...

Related Post