F-PKB: Hasil Survei Bukan Menunjukkan Kerja Anies Selama 5 Tahun

F-PKB: Hasil Survei Bukan Menunjukkan Kerja Anies Selama 5 Tahun
ist
Editor : Potan Rumah Rakyat — Selasa, 16 Februari 2021 10:47 WIB
terasjakarta.id

Lembaga survei Median menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang hanya berada di angka 42,5%. Fraksi PKB-PPP DPRD DKI Jakarta merespon dengan menilai elektabilitas sebesar itu masih rawan. 

Ketua Fraksi PKB-PPP DPRD DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas mengatakan, sebagai petahana angka tersebut masih rawan, tapi Anies disebutnya masih punya waktu 1,5 tahun lagi.

“(Elektabilitas) 42,5% itu sebenarnya agak rawan, tapi nggak apa, nggak ada masalah, karena masih ada 1,5 tahun lagi,” kata Hasbiallah saat dihubungi wartawan, Selasa (16/2/2021).

Hasbiallah mengatakan, Anies bisa membuktikan kinerjanya di Ibu Kota dengan merealisasikan semua Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Menurutnya, elektabilitas Anies akan naik jika RPJMD berjalan dengan baik.

“Kita bisa melihat Pak Anies bagus atau tidaknya setelah Pak Anies menjalankan RPJMD yang telah diubah. Itu kan bisa kita yakin mampulah Pak Anies kinerjanya akan bagus,” kata dia.

Menurut Hasbiallah, elektabilitas Anies tidak bisa ditentukan dari hasil kerja selama ini, melainkan kinerja yang dilakukan Anies selama 5 tahun menjabat Gubernur DKI Jakarta.

“Jadi elektabilitas Pak Anies ini bukan ditentukan kinerja (saat ini), nanti ditentukan setelah Pak Anies itu selesai masa jabatannya,” tutur dia.

Sebelumnya, lembaga survei Median merilis hasil survei elektabilitas terkait Pilgub DKI Jakarta. Hasilnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan teratas, disusul Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma.

Survei dilakukan pada 31 Januari-3 Februari 2021. Populasi survei adalah warga DKI Jakarta yang memiliki hak pilih dengan target sampel 400 responden, yang dipilih dengan teknik multistage random sampling. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dan menjalankan protokol kesehatan. Margin of error survei ini +/- 4,9%, dengan tingkat kepercayaan 95%.

“Ya, posisi saat ini Anies Baswedan masih teratas dalam beberapa skenario survei kami. Dalam skenario survei terbuka (top of mind) posisi Anies berada di urutan 1 di angka 40,5% disusul Risma 16,5% dan Ahok 8,5% dst. Sedangkan dalam skenario survei semiterbuka melibatkan 16 calon, 3 Besar adalah: Anies Baswedan 42,5 %, Tri Rismaharini 23,5% dan Sandiaga Uno 5,5,” kata peneliti Median, Ade Irfan, kepada wartawan, Senin (15/2/2021).


F-PKB Hasil Survei Bukan Menunjukkan Kerja Anies Selama 5 Tahun

Loading...

Related Post