Ada 1,3 Juta Formasi, Berikut Syarat CPNS 2021

Ada 1,3 Juta Formasi, Berikut Syarat CPNS 2021
Rencana penerimaan CPNS 2021 mundur dari April ke Juni 2021 (Ilustrasi/Liputan6)
Editor : Donald News — Senin, 15 Februari 2021 14:30 WIB
terasjakarta.id


Rencana pemerintah membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS pada April mendatang akhirnya dimundur hingga Juni 2021

Kepala Deputi Bidang SDM Kementerian PANRB, Teguh Widjanarko, mengatakan sebanyak 1,3 juta orang berpeluang mengisi formasi yang dibuka pada seleksi CPNS kali ini.

“Secara total untuk tahun 2021 ini, pemerintah telah menentukan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) sekitar 1.300.000 orang,” ucap Teguh, Senin (15/2/2021).

Ia menuturkan, formasi tes CPNS 2021 terdiri dari kebutuhan 1 juta guru dengan status PPPK alias pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Mekanisme penerimaan seleksi ini akan dilakukan di bawah pengawasan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sementara itu untuk kebutuhan lainnya, yakni sebanyak 189.000 formasi yang terdiri dari 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru dan 119.999 CPNS untuk jabatan teknis termasuk tenaga kesehatan.

Sedangkan untuk instansi pemerintah pusat, ada kurang lebih 83.000 formasi, yang terdiri dari 50 persen PPPK dan 50 persen CPNS untuk berbagai jabatan instansi pemerintahan.

“Nanti bulan Maret akan ditetapkan formasi (finalnya). Rincian detailnya akan diumumkan oleh pemerintah,” pungkasnya.

Meski penerimaan CPNS mundur hingga Juni, agar tak terlewatkan, semua dokumen yang berkaitan dengan penerimaan CPPNS sebaiknya disiapkan dari jauh-jauh harr

Secara prinsip, dokumen yang disiapkan tak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk pendaftaran CPNS 2019 misalnya, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan pernah menjelaskan, dokumen yang perlu disiapkan untuk pendaftaran CPNS yakni akta kelahiran, KTP, ijazah dan transkrip nilai, kartu keluarga (KK), termasuk pas foto ukuran 4x6 dan swafoto.

"Itu sebaiknya di-scan saja dulu dengan maksimal kapasitasnya 200 KB," kata Ridwan

Scan KTP diperlukan untuk memastikan data kependudukan, pas foto dan swafoto untuk menyesuaikan pelamar dengan data KTP, dan scan ijazah serta transkrip untuk memastikan jurusan pelamar sesuai dengan formasi yang dituju. Hasil scan dokumen mesti dipastikan terbaca dengan jelas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses verifikasi pendaftaran.

Ridwan juga menjelaskan, banyak peserta CPNS yang kelabakan saat melakukan pendaftaran karena tidak menyiapkan dokumen tersebut jauh-jauh hari. Banyak pelamar yang baru men-scan dokumen di hari yang sama saat itu dibutuhkan.

Berikut poin-poin yang harus diperhatikan sebagai syarat pendaftaran CPNS 2021:

 (1) Harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat melamar. Kecuali jabatan tertentu, paling tinggi 40 tahun

 (2) Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih

(3) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian atau pegawai swasta

(4) Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI atau anggota kepolisian

(5) Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik

(6) Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan

(7) Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan

(8) Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah RI

(9) persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK. (don)

 

Ada 1 3 juta formasi syarat CPNS 2021

Loading...

Related Post