Pemberlakuan PSBB Jadikan Langit Jakarta Biru Cerah

Pemberlakuan PSBB Jadikan Langit Jakarta Biru Cerah
Jakarta Bebas Polusi
Editor : Didit Balaikota — Minggu, 14 Februari 2021 10:11 WIB
terasjakarta.id - Penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membawa dampak positif terhadap kualitas udara di Ibu Kota Jakarta.

Demikian dikatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam akun Facebooknya, Sabtu (14/2/2021).

"PSBB yang sedang berlangsung juga membawa dampak positif bagi lingkungan. Terbukti dengan langit biru cerah, berkurangnya polutan dan kualitas udara yang baik," kata Anies.

Dirinya menjelaskan, PSBB membuat banyak orang menerapkan gaya hidup baru termasuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi ramah lingkungan.

Dia mengatakan, pandemi Covid-19 memberikan harapan untuk lingkungan hidup yang lebih baik.

Anies berharap kebaikan yang dibawa pandemi Covid-19 untuk lingkungan bisa tetap berjalan.

"Pandemi telah menunjukkan kepada kita bahwa masih ada harapan untuk lingkungan hidup yang lebih baik, dan oleh karena itu kita perlu berubah menuju kota yang lebih berkelanjutan dan tangguh," ujar Anies.

Kualitas udara Jakarta yang membaik juga didukung oleh transportasi umum yang semakin baik di DKI Jakarta.

Menurut Anies, prasarana transportasi dan mobilitas umum terus dikembangkan Pemprov DKI Jakarta dan mendorong publik untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum.

"Kami juga mengerjakan perluasan MRT, BRT, LRT, revitalisasi trotoar, integrasi berbagai moda transportasi, dan pengembangan jalur khusus sepeda di seluruh kota," tuturnya.

Jakarta juga bergabung dalam program 1.000 Cities Adapt Now (1000CAN) bersama kota besar dunia lainnya untuk menjadi kota yang bisa menanggulangi dampak perubahan iklim dunia.

Anies mengatakan, sudah menempatkan aksi penanggulangan dampak perubahan iklim sebagai prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2021 untuk aksi strategis kota.

"Terobosan adaptasi iklim dilakukan di berbagai sektor, dimulai dengan menyiapkan aksi kesiapsiagaan bencana dan pendidikan di sekolah dan lingkungan di mana masyarakat juga akan berperan aktif, karena kolaborasi akan menjadi kunci lahirnya kota berketahanan," kata Anies. (adt)

Gubernur Anies PSBB Jakarta Bebas Polusi Langit Biru

Loading...

Related Post