Depok Ingin Tiru Klungkung dan Malioboro dalam Mengelola Kawasan Tanpa Rokok

Depok Ingin Tiru Klungkung dan Malioboro dalam Mengelola Kawasan Tanpa Rokok
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita (radardepok.com)
Editor : Donald Berita Anda — Sabtu, 13 Februari 2021 14:32 WIB
terasjakarta.id


Pemerintah Kota Depok ingin mencontohi kabuapten Klunglung di Bali  dan kawasan Malioboro di DIY Yogyakarta yang mampu menerapkan kawasan tanpa rokok (KTR) secara optimal.

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita, mengatakan,  Kabupaten Klungkung dalam menerapkan KTR didukung oleh aturan Adat  yang bagus. "Sedangkan untuk Kota Yogyakarta, mampu menetapkan destinasi wisata dunia Malioboro menjadi Kawasan Tanpa Rokok sangat patut dijadikan contoh oleh daerah lainnya," tambahnya. 

Hal ini disampaikan Novarita  dalam workshop secara online dalam rangka

peningkatan kapasitas Tim Satuan Tugas (Satgas) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kota Depok.

Kegiatan tersebut menghadirkan tiga narasumber yaitu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, Lienda Ratnaurdianny, Kepala Satpol PP Kabupaten Klungkung I Putu Suarta, dan Satpol PP Kota Yogyakarta yang diwakili Kepala Seksi Pembinaan Potensi Masyarakat Satpol PP Kota Yogyakarta, Suwarna. 

Menurut  Novarita workshop online ini digelar untuk mendapatkan gambaran penerapan dan proses penegakan KTR dari daerah lain.

Selain itu juga dapat memperoleh motivasi dalam pengawasan dan penegakkan KTR di Kota Depok.   

"Tujuan acara ini sebagai Tim Satgas KTR dapat melakukan inovasi dalam pengawasan dan penegakan KTR, sehingga dapat menjalankan tupoksinya dengan optimal,” ujarnya kepada wartawan usai pelaksanaan acara workshop online,Sabtu (13/2/2021) siang. 

Sementara itu Novarita, regulasi terkait penerapan KTR telah dikeluarkan oleh berbagai daerah di Indonesia, di antaranya Kabupaten Klungkung dan Kota Yogyakarta.

Pengawasan yang dilakukan di Kota Depok sejauh ini adalah melakukan penegakan KTR melalui sidak di berbagai kawasan dan tempat penjualan rokok. Hal itu menjadikan Depok kota yang sehat dan ramah anak. 

Dengan regulasi tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat memiliki kemajuan atau prestasi tersendiri di  masing-masing daerah dalam pengendalian tembakau di Indonesia. 

"Semoga dengan sharing melalui workshop ini dapat menjadi pelajaran dalam meningkatkan kepatuhan KTR di Kota Depok. (don)

 

Kota depok berupaya meinggkatkan kawasan tampa rokok

Loading...

Related Post