Selamat Jalan Oom Sinyo...

Selamat Jalan Oom Sinyo...
Sinyo Harry Sarundajang dan Mahfudin Nigara (ist)
Editor : Potan Anda Menulis — Sabtu, 13 Februari 2021 13:25 WIB
terasjakarta.id
Oleh : Mahfudin Nigara
Wartawan Senior

"Saya tahu kamu kok," kata Dubes-RI, Sinyo Harry Sarundajang saat saya mencoba memperkenalkan diri.

Si Oom, begitu sapaan akrabnya, lalu berkisah tentang tinju nasional, khususnya tinju Kawanuwa dan cerita tinju dunia. "Saya seperti kebanyakan orang Manado, penggemar tinju yang parah."

Sebagai Dubes, Si Oom, selalu setia mendampingi atlet kita menjelang dan saat serta setelah berlaga di SEA- Games, Manila 2019. Ia juga tak sungkan saat harus mendampingi Menpora-RI. Tidak kenal waktu, jam berapa saja, si Oom pasti muncul.

Kini kabar duka menyeruak di KBRI di Filipina, Manila dan pun bagi warga Sulawesi Utara. Sinyo Harry Sarundajang, Duta Besar (Dubes) RI untuk Filipina berpulang menghadap Sang Pencipta  lewat tengah malam tadi, Sabtu, 13 Februari 2021 di RS Siloam MRCCC Semanggi, Jakarta

Kembali ke SEA-Games, Manila, 2019, saat sedang menunggu acara, si Oom bercerita bahwa ia dengan Presiden Duterte, Filiphina, bersahabat. Banyak hal-hal istimewa yang ia ceritakan.

"Suatu hari, saya diajak Rodrigo Duterte, waktu itu ia masih jadi Wali kota Davao, ya sekitar 2000 awal," kisah si Oom.

Katanya lagi, ia diajak kepinggiran hutan. Awalnya tidak tahu apa yang akan dilakukannya. Si Oom tenang-tenang saja. Tapi, begitu dia melihat keadaan sesungguhnya, si Oom mengaku takut. "Kadang kita harus melakukannya sendiri, dengan tangan sendiri, agar orang jadi jera," begitu kata Duterte seperti dijelaskan kembali oleh si Oom.

Bukan hanya itu, sebagai _sister-city_ dengan Kota Bitung, hubungan keduanya begitu luar biasa.

Setelah acara pembukaan SEAG, Menpora dan rombongan sudah bersiap-siap untuk meninggalkan tempat. Tapi, petugas menahannya lantaran Presiden akan meninggalkan tempat juga. Setelah sepuluh menit tidak ada perkembangan, si Oom berjalan ke depan, ya ke arah rombongan presiden yang sedang bersiap-siap. Saya ada di sebelah si Oom, dan banyak orang yang menyaksikan hal itu.

Di luar dugaan, saat rombongan presiden mulai bergerak, sang presiden membuka jendela mobilnya untuk melambai pada masyarakat. "Sinyooo!" kata Presiden Duterte ke arah si Oom.

Si Oom tersipu-sipu. Apa pun itu, saya menyaksikan kedekatan keduanya.

Selama di Manila, saya memperoleh banyak pelajaran dari Sang Dubes RI. Bagaimana cara bersahabat, bagaimana memuliakan tamu, dan bagaimana menjadi pejabat yang baik. 

Saat ini si Oom telah berpulang. Info Pak Agus Buana Pensosbud, Sabtu siang ini jenazah akan disemayamkan di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto dan Minggu pagi esok akan diterbangkan ke Manado.

Selamat jalan Oom, semoga Tuhan memberimu tempat yang terbaik... 

.

Selamat Jalan Oom Sinyo

Loading...

Related Post