Perhatikan Tanda-tanda Ini, Artinya Imun Tubuh Anda Melemah

Perhatikan Tanda-tanda Ini, Artinya Imun Tubuh Anda Melemah
tanda-tanda imun tubuh melemah (Ist)
Editor : Donald Jakarta Style — Sabtu, 13 Februari 2021 11:20 WIB
terasjakarta.id


Menjaga imunitas atau daya tahan tubuh di massa pandemi ini adalah sebuah keharusan di samping,  menerapkan berbagai protokol kesehatan ketat guna mencegah tertular i virus corona atau Covid-19.

Maklum, daya tahan tubuh atau sistem imun adalah benteng yang bertugas  melindungi kita dari berbagai penyakit, infeksi, dan mempercepat pemulihan setelah sakit.  Dalam diri manusia, sistem ini terdiri dari sel darah putih, antibodi, dan berbagai komponen lain, termasuk kelenjar getah bening, untuk membentuk sistem kekebalan tubuh.

Faktanya, banyak faktor yang bisa mengganggu fungsi kekebalan tubuh sehingga kita rentan jatuh sakit. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah biasanya rentan mengalami gangguan autoimun, peradangan pada organ internan, anemia, dan gangguan pencernaan.

Makanya, sangat dianjurkan agar  daya tahan tubuh terus meningkat , pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup, olahraga teratur, disiplin protokol kesehatan dan kurangi stres.

Seseorang yang jatuh sakit atau tertular virus corona seperti sekarang ini, salah satu penyebabnya dipastikan karena melemah atau  turunnya imun tubuhnya. Ya, melemahnya sistem imun biasanya membuat kita mudah jatuh sakit dan sering merasa lelah. Selain itu, seringkali sistem imun yang melemah tidak disertai gejala awal yang jelas sehingga banyak orang tak menyadarinya.

Jika kita  merasa sering sakit, lelah, dan memiliki gejala yang mengganggu lainnya, bisa jadi daya tahan tubuh atau imunitas Anda melemah. Untuk mengetahuinya, berikut empat tanda daya tahan tubuh mulai melemah dikutip dari Instagram @satgas.relawan.


  1. Mengalami diare karena sistem kekebalan tubuh paling banyak berada di saluran pencernaan.
    Sering mengalami diare, kembung, atau sembelit bisa menjadi pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang terganggu. Penelitian menunjukan hampir 70 persen sistem kekebalan tubuh terletak di saluran pencernaan.

Selain itu, di dalam pencernaan juga terdapat berbagai bakteri dan mikroorganisme baik yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Jika jumlah mikroorganisme atau bakteri tersbut berkurang, kita bisa berisiko besar mengalami infeksi, perdangan kronis, hingga gangguan autoimun.


  1. Sering pilek atau flu merupakan tanda sistem kekebalan tubuh sedang melemah dan kewalahan mengatasi gangguan pada tubuh.
    Meriang atau pilek memang bisa sembuh dengan sendirinya hanya dalam hitungan hari. Sistem kekebalan tubuh juga membutuhkan tiga hingga empat hari untuk mengembangkan antibodi dan melawan patogen penganggu.

Namun, terus-menerus pilek dan meriang bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang kewalahan mengatasi gangguan yang ada pada tubuh kita.


  1. Mudah lelah walau tidur cukup merupakan pertanda sistem kekebalan tubuh turun.
    Sering merasa lelah padahal tidur sudah cukup bisa menjadi pertanda sistem kekebalan tubuh sedang melemah. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh juga turut mempengaruhi tingkat energi.

“Itu terjadi karena tubuh berusaha menghemat energi agar sistem kekebala mampu melawan bakteri atau virus," ucap Hasan


  1. Penyembuhan luka berlangsung lama karena daya tahan tubuh lemah dan membuat regenerasi kulit berjalan lambat.

Saat kulit mengalami luka, tubuh akan bekerja untuk menyembuhkannya dengan mengirimkan darah kaya nutrisi agar terjadi regenerasi kulit baru.

Namun, proses ini bergantung pada kekuatan sistem kekebalan tubuh. Jadi, sistem kekebalan tubuh yang lemah akan membuat regenerasi kulit berjalan lambat sehingga luka sulit sembuh.

Perhatikan tanda-tanda ini artinya Imun tubuh anda melemah

Loading...

Related Post