Pemprov DKI Perpanjang Masa PSBB, ini Kata Kalangan Dewan

Pemprov DKI Perpanjang Masa PSBB, ini Kata Kalangan Dewan
ilustrasi (ist)
Editor : Potan Rumah Rakyat — Kamis, 11 Februari 2021 14:35 WIB
terasjakarta.id
Pemprov DKI memutuskan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kebijakan itu sebagian kalangan menilai setengah hati, namun ada juga menganggap langkah itu sudah tepat mengingat saat ini tingkat penularan covid-19 masih tinggi. 

Anggota Fraksi Demokrat Achmad Nawawi menyebut, keputusan memperpanjang dilakukan sudah berdasarkan kajian mendalam, warga harus patuh pada aturan yang ada dalam PSBB tersebut. 

"Saya rasa Pemprov DKI sudah melakukan kebijakan sebelum memutuskan memperpanjang PSBB. Intinya masyarakat harus patuh dan tidak melanggar aturan dalam PSBB," kata Nawawi di gedung DPRD, Jakarta Pusat, Kamis (11/2/2021).

Lebih lanjut Ketua Badan Kehormatan DPRD DKI itu menambahkan, kedepan perlu ada pengawasan yang tegas dalam penerapan. Pemprov DKI menurutnya, harus lebih memperbanyak pengawasan sampai tingkat yang paling rendah.

"Saat ini yang terpenting harus ada pengawasan secara maksimal. Pengawasan dilakukan pada semua aspek, mulai dari tingkat atas hingga kelurahan bahkan sampai tingkat rt dan rw," pungkasnya. 

Sementara itu, anggota Fraksi Nasdem, Hasan Basri Umar menilai, perpanjangan PSBB langkah yang tepat. Akan tetapi dibutuhkan komitmen bersama dalam mencegah penularan covid-19.

"Gubernur sudah tepat kembali memperpanjang PSBB. Namun, tidak akan sukses kalau dilakukan hanya sebatas himbauan. Pemprov harusnya menambah kebijakan baru yang sifatnya lebih kepada mengikuti aturan," kata Hasan, Kamis. 

"Kalau memang perlu, sanksi dalam aturan PSBB lebih besar, hal itu dimaksudkan sebagai efek jera bagi yang melanggar. Termasuk petugas harus tegas dalam menjalankan tugas dengan tidak memberikan keringanan bagi warga yang kedapatan melanggar aturan PSBB," imbuhnya. 

Untuk diketahui sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 22 Februari 2021. Perpanjangan ini tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 107 Tahun 2021 terkait Perpanjangan Pemberlakuan Jangka Waktu dan Pembatasan Aktivitas Luar Rumah.

Keputusan itu berdasarkan data yang dihimpun Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta bahwa penyebaran kasus aktif di Ibu Kota dalam dua minggu terakhir perlu lebih diminimalisir, terutama menjelang libur imlek ke 2.572 pada 2021 ini.



Pemprov DKI Perpanjang Masa PSBB Kata Kalangan Dewan

Loading...

Related Post