Anda Pencinta Bunga? Ini Cara Merawat Tanaman Hias Aglonema atau Sri Rejeki agar Warnanya Indah dan Dijual Mahal

Anda Pencinta Bunga? Ini Cara Merawat Tanaman Hias Aglonema atau Sri Rejeki agar Warnanya  Indah dan Dijual Mahal
Ilustrasi jenis Aglonema Tiara (Foto: Shutterstock.com)
Editor : Donald Jakarta Style — Rabu, 10 Februari 2021 14:57 WIB
terasjakarta.id


Dari sekian tanaman hias yang sedang naik daun, aglonema turut di dalamnya, aglonema akrab disapa sri rejeki. Bukan tanpa alasan, sebab tanaman hias satu ini dipercaya bisa memberikan energi positif dan mendatangkan rezeki

Tanaman yang termasuk ke dalam suku Araceae ini memiliki daun yang sangat indah jika dirawat dengan benar. Aglonema akan menampilkan warna daun yang menyala dengan corak unik sebagai daya tarik utamanya. Maka tak heran, tanaman hias ini kerap dijadikan sebagai dekorasi ruang indoor.

 

Tanaman ini juga memiliki jenis dan corak yang beraneka ragam loh. Seperti misalnya jenis hot lady yang mempesona dengan warna hijau dan tulang merah menyala dan lady valentine dominan merah muda. Sementara harlequin terlihat cantik berkat kombinasi warna jingga, kuning tembaga, dan merah muda pada daunnya.

Selain untuk dekorasi rumh yang dipercaya membawa rejeki untuk penghuninya, Aglonema bias menjadi ladang bisnis yang lumayan menguntungkan.

Tanah organik sangat disarankan sebagai media tanam aglonema. Alasannya, tanah organik bisa membuat aglaonema cepat tumbuh subur dan sehat. Selain itu, cek rutin kualitas tanahnya. Kalau kondisi tanah telah menggumpal, kering, atau terlalu basah, gantilah dengan tanah yang baru. Tanah pot yang berbasis gambut dengan perlit ekstra adalah pilihan yang dianjurkan, selain dari itu perlu adanya perawatan yang benar untuk membuat Aglonema tumbuh dengan indah.

Berikut ini tips merawat Aglonema agar cantik dengan warna yang menarik cocok untuk ide bisnis.

 

  1. Pemupukan

Untuk membuat tanah menjadi subur , sangat penting adanya pemupukan. untuk pupuk dasar, biasanya para pekebun memiliki resep tersendiri. Misalnya dengan membenamkan campuran beberapa merek pupuk yang mengandung unsur makro dan mikro.

Selain itu, Bunda juga bisa mengaplikasikan pupuk daun satu kali dalam sebulan, dari jenis pupuk majemuk lengkap seperti Growmore dengan dosis seimbang satu kali dalam sebulan.

,

Perhatikan memukuk dengan benari jangan sampai malah membuat tanaman rusak. Cara mengaplikasikan pupuk pun tidak bisa dilakukan lewat daunnyaMelainkan langsung disiram ke media.

 

  1. Penyiraman yang Benar

Bagian terpenting lainya selain pemupukan adalah penyiraman, dalam menyiram juga memilii Teknik tersendiri agar memberikan manfaat yang bagus untuk tanaman aglonema. lakukan setiap pagi dan sore hari, bahkan pada siang saat suhunya meningkat

Elain itu media dibuat sangat porous, bagian yang disiram pun hanya daun saja, Biasanya para pekebun juga membuat lubang tambahan dalam jumlah yang banyak. Tujuannya, selain media meneruskan air dengan baik, saluran di bagian terluar juga mendukung kelancaran air keluar. Sehingga merata mengenai daun aglonema.

Namun jika tinggal di lingkungan yang sangat teduh, metode penyiraman di atas tidak bisa diterapkan. Penyiraman dilakukan tergantung kondisi media, artinya Bunda bisa menyiraminya saat media benar-benar kering, Kisaran waktu penyiraman bisa dilakukan 3 hingga 4 hari atau 5 hingga 7 hari.

 

  1. Repotting

Repotting memiiki makna perwadahan ulang, Untuk tanaman jenis aglaonema, repotting harus dilakukan secara rutin. Sebab, repotting dapat menghindari kandungan hara dalam media yang sering berkurang setelah 6 hingga 12 bulan kemudian.

Untuk melakukan repotting juga harus memperhatikan hal – hal lainya agar tidak menghentikan pertumbuhan dan mala merusak tanaman.

 

Berikut untuk repotting adalah :

  1. Ratakan media ke seluruh bola akar, termasuk bagian dalamnya.
  2. Beri sedikit media di bagian dasar.
  3. Masukkan tanaman dengan tetap dipegang dan isi dengan media.
  4. Pukul-pukul pinggir pot agar media tersebar padat dan mengisi sela-sela akar.
  5. Beri pupuk dasar di media dekat bibir pot.
  6. Posisi tanaman yang telah di-repotting

Itulah cara perawatan tanaman Aglonema

Pencinta bunga cara merawat tanaman hias aglonema Sri resjeki warnanya indah dijual mahal

Loading...

Related Post