Ucapan Imlek dalam Bentuk Puisi! Ini Loh Makna Gong Xi Fat Choi

Ucapan Imlek dalam Bentuk Puisi!  Ini Loh Makna  Gong Xi Fat Choi
Jelang Hari Raya Imlke 2021 (pixabay.com/Lancier)
Editor : Donald Jakarta Style — Selasa, 9 Februari 2021 13:45 WIB
terasjakarta.id


Perayaan  Tahun Baru  Imlek yang jatuh pada Jumat 12 Februari 2021, tinggal menghitung hari. Tentunya, moeman ini sangat ditunggu-tuggu terutama bagi warga keturunan Tionghoa, karena mereka akan merayakan bersama keluarga di rumah.

Tahun Baru Imlek juga dikenal sebagai Festival Musim Semi. Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan Tahun Baru Imlek jatuh di penghujung musim dingin dan menyambut datangnya musim semi. Tahun Baru Imlek merupakan hari perayaan terbesar di China, biasanya kantor-kantor dan sekolah-sekolah akan libur panjang dari 10-14 hari untuk merayakan Tahun Baru Imlek ini.

Sama seperti hari perayaan lainnya, dalam perayaan Tahun Baru Imlek, biasanya kita juga mengucapkan ucapan-ucapan selamat kepada kerabat yang merayakan.

Bagaimana bentuk ucapannya, beikut Terasjakarta berusaha merangkum untuk  Anda  baik dalam bentuk ucapan atau dalam bentuk puisi seperti dikutip dari laman Mandarin.web.id.

Kita sering mendengar orang orang mengucapkan Gong Xi Fat Choi atau Gong Xi Fat Cai dan Wan Shi Ru Yi.

Gongxi fat cai: Artinya selamat/semoga rezekinya berlimpah

Wanshi  Ruyi:  artinya semoga segala masalah akan sesuai dengan yang dikehendaki atau semoga beruntung

Jadi kalimat Gongxi fat cai  artinya bukan Selamat Tahun Baru Imlek. Hanya saja, kalimat ini selalu diucapkan pada saat perayaan Tahun Baru Imlek.

Selain Gong Xi Fat Cai, Wanshi Ruyi, kita juga bisa mengucapkan kalimat:

Xinnian kuale, zhu ni jiankang changsou, zhu ni hao yun;

Arinya, Selamat Tahun Baru, Semoga sehat selalu dan panjang umur, semoga sukses/beruntung

 

Selain itu ada juga yang memberi ucapan Tahun Baru dengan bentuk puisi seperti ini:

Zhùfú de huàyǔ, shū zhōng yǒu wúxiàn. Xīnzhōng de sīniàn, yībiàn yòu yībiàn. Xīnnián lái yǎnqián, sòng qù wǒ zhùyuàn: Kuàilè kāixīn měi yītiān, shēnghuó měimǎn yòu tuányuán, píng’ān jíxiáng fú yùn lián!

Artinya: Ucapan Doa, di dalam buku tiada habisnya. Tahun baru sudah di depan      mata, saya  pun mengharapkan: Semoga anda bahagia dan gembira setiap hari, Hidup anda indah, lengkap, damai dan selalu dipenuhi keberuntungan.

 

Xīnnián dì yī tiān, yuàn nǐ shé nián yīxīnyīyì fā dà cái, zuòshì yīchuídìngyīn, gàn huó yījǔliǎngdé, Yī fèn wēnnuǎn zhùfú, yuàn péngyǒu xīnnián hǎo!

Artinya: Di hari pertama tahun baru, saya mendoakan semoga di tahun ular air ini rezeki anda berlimpah, Pekerjaan anda sukses dan produktif, terimalah doa hangatku ini untuk mengucapkan selamat Tahun Baru kawan…

Shui niu nián dàole, yuàn nǐ: Kuàilè zài xīnjiān dàngyàng, xìngfú zài xīntián shèngkāi, rúyì zài xīnzhōng páihuái, xǐyuè zài xīnkǎn měng zhǎng, huānlè zài xīnlǐ fāyá, shé nián yuàn nǐ xīn xiǎng shì chéng, rìzi bǐ mì tián.

Artinya: Tahun Kerbau  telah tiba, semoga kegembiraan senantiasa singgah dalam ruang hati anda,  Kebahagiaan selalu merekah di padang hati anda, keberuntungan silih berganti di tengah-tengah hati anda, sukacita selalu meluap di hati anda dan semoga di tahun ular ini setiap keinginan anda terwujud dan hari-hari anda akan lebih manis dari madu.

Artinya: Di hari pertama tahun baru, saya mendoakan semoga di kerbau logam  ini rezeki anda berlimpah, Pekerjaan anda sukses dan produktif, terimalah doa hangatku ini untuk mengucapkan selamat Tahun Baru kawan…

Shui niu nián dàole, yuàn nǐ: Kuàilè zài xīnjiān dàngyàng, xìngfú zài xīntián shèngkāi, rúyì zài xīnzhōng páihuái, xǐyuè zài xīnkǎn měng zhǎng, huānlè zài xīnlǐ fāyá, shé nián yuàn nǐ xīn xiǎng shì chéng, rìzi bǐ mì tián.

Artinya: Tahun Kerbau telah tiba, semoga kegembiraan senantiasa singgah dalam ruang hati anda,  Kebahagiaan selalu merekah di padang hati anda, keberuntungan silih berganti di tengah-tengah hati anda, sukacita selalu meluap di hati anda dan semoga di tahun kerbau logam  ini setiap keinginan anda terwujud dan hari-hari anda akan lebih manis dari madu.

Selamat Tahun Baru Imlek, semoga kita semua selalu bahagia dan sukses…Amiiin (don)

Ucapan imlek bentuk puisi makna ucapan gong xi fat choi

Loading...

Related Post