Wisata Jelang Imlek, Petak 9 Glodok Pecinan Tersembunyi, Serasa Berada di Tiongkok

Wisata Jelang Imlek,  Petak 9 Glodok Pecinan Tersembunyi, Serasa Berada di Tiongkok
Pengunjung Klenteng Petak 9 Glodok biasanya membludak di saat-saat menjelang Imlek (Foto: Wartakotalive.com)
Editor : Donald Traveling — Senin, 8 Februari 2021 10:23 WIB
terasjakarta.id


Tahun baru Imlek 2021  yang jatuh pada 21 Februari 2021 tinggal menghitung hari.  Jika kamu memilih berwisata,   kawasan Petak  9 Glodok menjadi salah satu destinasi yang patut di perhitungkan. Kamu akan merasa suasana Tahun Baru Imlek yang luar biasa..  

Namun, di tahun baru Imlek tahu ini mungkin akan ada pembatasan-pembatasan ke kawasan itu mengingat situasi covid-19 yang belum melandai di Jakarta.

Tulisan ini setidaknya menjadi bahan referensi buat kita jika suatau jalan-jalan diKota Jakarta sembari menikmati destinasi wisatanya yang unik, termasuk kawasan Petak 9 ini

Di hari biasa aja, kalau kita main ke kawasan pecinan ini, kita seperti sudah  berada di negeri Tiongkok. Jadi,  bisa kebayang bagaimana meriahnya kalai berwisata ke sana di saat-saat menjealang Imlek.

Bukan rahasia lagi jika Glodok merupakan tempat tinggal bagi keturunan Tionghoa yang menetap di Jakarta. Kawasan ini padat dengan pertokoan yang menjajakan sberbagai perangkat benda Ibadah umat Buddha dan barang barang bernuansa adat Tiongkok. . Petak 9 Glodok juga menjadi kawasan yang favorit bagi pecinta bahan-bahan herbal, karena tidak sedikit toko obat yang menjajakan minuman berkhasiat untuk kesehatan, jug soal kuliner.
Jika berkunjung ke kawasan Glodok dan bertanya di mana Petak Sembilan, semua orang pasti menunjuk ke satu tempat, yaitu Gang Pancoran. Gang yang tepat berada di belakang Pasar Glodok ini, memang cukup lebar. Tapi, gang ini selalu di padati para pedagang karena sehari-harinya Gang Pancoran dijadikan sebuah pasar.

Seperti kebanyakan pasar lainnya, di sini dijual berbagai bahan makanan, mulai dari sayuran sampai bahan lauk pauk. Ada pula beberapa toko yang menjajakkan kue-kue kering, warung makan, dan toko yang menjual kebutuhan sehari-hari.
Pasar di kawasan Petak Sembilan ini memulai aktivitasnya sejak subuh. Para pedagang akan menutup lapaknya saat senja mulai menyapa. Ada juga beberapa pedagang yang menutup dagangannya pada malam hari, sekitar pukul 20.00 WIB.
Di ujung Gang Pancoran  terdapat salah satu kelenteng tertua di Jakarta, bernama Kelenteng Jin De Yuan atau dikenal juga dengan Vihara Dharma Bhakti. Bangunan ini telah berdiri sejak 1650.
Meski mayoritas warga di Petak Sembilan merupakan etnis Tionghoa, tapi ada juga warga pribumi yang hidup berdampingan secara harmonis.
Mereka tinggal di beberapa jalan yang terhubung dengan Gang Pancoran yang terkenal dengan nama Petak Sembilan.

Sebagai wisatawan,  kamu juga bisa berkunjung ke Glodok untuk mencicipi kuliner ikonik yang ada disini seperti Kari Lam khas Medan, Bakmi Amoy, Cempedak Cik Lina, Rujak Shanghai Encim, hingga Bakso Adam. Semua makanan yang telah disebutkan tadi merupakan jenis makanan halal yang aman dikonsumsi bagi umat Muslim. Tapi jika kamu penasaran dengan kuliner lain, usahakan bertanya bahan makanannya terlebih dahulu.

Pencinta fotografi juga bisa berburu foto yang estetis di kawasan Petak 9 Glodok ini, Ya, pernak-pernik yang khas serta ornamen masing-masing toko akan menciptakan visual yang otentik.  Atau kalau kamu wisatawan yang senang berfoto bisa mampir ke Klenteng Tang Seng Ong Se dan Toa Se Bio. Arsitekturnya yang serba merah terlihat sangat indah berpadu dengan patung-patung umat Budha. (Don)

Wisata jelang imlekm Petak 9 Glodok Pecinan tersembunyi Serasa berada tiongkok

Loading...

Related Post