Waspad Banjir di Jakarta Sore hingga Malam Ini, Ketinggian Muka Air Bendung Katulampa Siaga Tiga

Waspad Banjir  di Jakarta Sore hingga Malam Ini,  Ketinggian Muka Air Bendung Katulampa  Siaga Tiga
Ketinggian air di pintu air Katulampa, Bogor, pad level siaga 3 (Foto: Antara)
Editor : Donald Berita Anda — Senin, 8 Februari 2021 09:43 WIB
terasjakarta.id


Warga Jakarta diminta untuk waspada terhadap kemungkinan datangnya banjir, Seni (8/2/2021) sore atau malam hari.

 Pasalnyas, curah hujan yang masih tinggi di kawasan Bogor, hingga Senin pagi, tinggu muka air (TMA) sungai ciliwung di Bendung Katulampa naik ke 140 sentimeter atau siaga 3 banjir Jakarta.

Kepala Pengawas Bendungan Katulampa Andi Sudirman mengatakan berdasarkan data Posko Pengawas Ciliwung Bendung Katulampa,  pada Minggu (7/2/2021) pagi masuk level siaga 3 dengan TMA 130 sentimeter. Lalu pada siangnya sempat turun menjadi 70 sentimet atau level siaga 4. 

Kenaikan debit air dikarenakan faktor hujan deras masih mengguyur sebagian besar wilayah Bogor. Kenaikan terjadi minggu sore di 140 sentimeter masuk ke level siaga 3.

"Pagi ini ketinggian air sekitar pukul 06.30 WIB TMA di 140 CM siaga 3. Dengan cuaca masih mendung," tambahnya.

Tidaknya hanya, Bendung Katulampa yang dalam level Siaga 3, Pintu Air Panus, Depok juga saat ini dalam status Siaga 3 dengan ketinggian 210 sentimeter pada Minggu petang. 

Sementara, Pintu Air Manggarai mengalami kenaikkan, meski masih dalam status Siaga 4. Sejak Minggi siang terpantau 640 sentimeter, petang kemasin  berada di 715 sentimeter. 

Andi menyebut, TMA ada kemungkinan masih naik lantaran kawasan hulu Puncak Bogor masih mengalami hujan dengan intensitas sedang. 

"Curah hujan masih tinggi, masyarakat di bantaran sungai harus waspada. Luapan air akan tiba di hilir dalam 10 hingga 12 jam ke depan,” ungkap Andi. (don)

Waspada banjir Jakarta sore malam ketinggian muka air katulampa

Loading...

Related Post