Empat Stasiun Ini Mulai Terapkan Layanan G-Nose C19

Empat Stasiun Ini Mulai Terapkan Layanan G-Nose C19
Seorang calon penumpang kereta api (KA) memperlihatkan hasil pemeriksaan G-Nose C19 atau alat deteksi Covid-19 berbasis embusan napas (Foto:Humas KAI/@kai.id) /
Editor : Donald Berita Anda — Sabtu, 6 Februari 2021 11:56 WIB
terasjakarta.id


Alat pendeteksi Covid 19 buatan Universitas Gajah Mada (UGM), G-Nose C 10 mulai digunakan di beberapa stasiun kereta api. PT Kereta Api Indonesia (KAI) secara resmi sudah meluncurkan penggunaan alat itu sejak Jumat (5/2/2021),

Saat ini, pemakaian G-Nose akan terpusat di empat stasiun , yakni Stasiun Pasar Senen (Jakarta), Stasiun Tugu (Yogyakarta), Stasiun Gambir (Jakarta), dan Stasiun Solo Balapan (Solo).

Dalam penjelasannya PT KAI mengatakan, layanan di Stasiun Gambir dan Solo Balapan pada dasarnya masih dalam tahap uji coba. Untuk memfokuskan layanan, sementara ini dikonsentrasikan di Stasiun Pasar Senen dan Yogyakarta

VP Public Relations KAI (Persero) Joni Martinus dalam keterangannya mengatakan,  sesuai aturan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pelanggan KA jarak jauh diharuskan menunjukkan surat bebas Covid-19 dari hasil pemeriksaan G-Nose C19 atau rapid test antigen dan PCR.

Dalam pelaksanaannya, ungkap Joni, pemeriksaan G-Nose C19 di seluruh stasiun berjalan dengan tertib dan teratur. 

Tidak terjadi antrean yang panjang dan setiap peserta tetap menjaga jarak untuk menciptakan physical distancing - tambahnya.

Lebih lanjut, dia menyebut, jika terjadi lonjakan peserta  G-Nose C19  di stasiun, KAI akan secara taktis melakukan buka tutup antrean. 

Tujuannya agar tidak terjadi antrean panjang, kerumunan, dan protokol kesehatan tetap dapat diterapkan dengan baik - jelas Joni.

Sementara itu, untuk dapat melakukan pemeriksaan G-Nose  di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket KA jarak jauh dan menyiapkan biaya sebesar Rp20 ribu.

“”Layanan pemeriksaan  G-Nose di stasiun akan makin memperkuat deteksi dini penularan Covid-19 dan menjadikan kereta api makin nyaman, aman, sehat” ,pungkas Joni. (don)

 

 

Empat stasiun mulai terapkan layanan G-Nose C19

Loading...

Related Post