Banyak Kendaraan Putar Balik di Bogor, Ingat! Ini 11 Titik Cehck Pointnya

Banyak Kendaraan Putar Balik di Bogor, Ingat! Ini 11 Titik Cehck Pointnya
Pos penjagaan ganjil genap di Kota Bogor dijaga petugas (Foto: Kompas)
Editor : Donald Berita Anda — Sabtu, 6 Februari 2021 10:51 WIB
terasjakarta.id


Petugas memutarbalikkan kendaraan yang ke luar dari tol Jagorawi menuju ke Kota Bogor jika

Mulai Sabtu (6/2/2021) hari ini,  Pemkot Bogor menerapkan kebijakan ganjil genap. Penerapan kebijakan ini sebagai upaya menekan mobilias warga sebagai upaya memutusan mata rantai penyebaran Covid-1

Pelaksanaan hari pertama ganjil genap ini dipantay langsung oleh Walikota Bogor Bima Arya dan

Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Condro. Pada  hari ini, kendaraan yang boleh melintas adalah kendaraan yang berpelat nomor genap.

Wali Kota Bogor Bima Arya yang turut memantau mengatakan, hari ini pertama kalinya diberlakukan sistem ganjil genap. Kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah yang berpelat genap.

"Ya kalau kita lihat persentasenya masih banyak (yang melanggar). Beberapa kami minta putar balik. Bila tidak ada tujuan jelas, kami minta putar balik. Tapi bila bekerja, ya silakan lanjut," kata Bima.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Susatyo Condro menjelaskan, dalam penerapan ganjil genap ini, tidak ada sanksi tilang bagi pelanggar. Yang ada hanya sanksi berupa penindakan sesuai dengan Perwali terkait protokol kesehatan. Selain itu, pengendara akan diminta untuk memutar balik.

"Ini bukan terkait untuk mengurai kemacetan lalulintas, tapi terkait protokol kesehatan. Jadi jika ada yang melanggar diputarbalik, serta sanksi sesuai Perwali untuk pelanggar protokol kesehatan," jelasnya.

Do exit Tol Baranangsiang, Kota Bogor, dijaga ketat oleh petugas. Banyak kendaraan berplat B yang disuruh putar balik.

Terkait kebijakan itu, kini ada 11 titik posko check point dipersiapkan saat PSBB ketat skala mikro diberlakukan di kota dingin tersebut. Check point tersebut, di antaranya berfungsi memantau pemberlakuan ganjil genap hingga memeriksa wisatawan yang hendak berkunjung ke Kota Bogor.

Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menyebutkan, aturan itu berlaku mulai 6 Februari 2021 hingga 17 Februari 2021. Sebanyak 11 check point itu dipersiapkan di lokasi awal dibangunnya posko Covid-19.

Ia menjelaskan, 11 titik check point yang diberlakukan saat PSBB ketat skala mikro di Kota Bogor, yakni Simpang Bubulak, Simpang Ciawi, Simpang BORR, Simpang Pomad, Simpang Yasmin, Simpang Terminal Baranangsiang, Simpang Batutulis, Simpang Air Mancur, Simpang Empang, Simpang Gunung Batu dan Simpang RSUD.

“Di setiap titik kami berlakukan untuk melakukan pemeriksaan (rapid test antigen) termasuk juga memutar balikan kendaraan untuk tidak masuk ke Kota Bogor," ujar Susatyo.

Kapolresta  mengingatkan kepada warga yang di luar kota Bogor kalau masuk ke Kota Bogor, akan diputar balikan apabila tidak sesuai dengan ketentuannya. Dia kembali menjelaskan pemberlakuan ganjil genap di Kota Bogor dilakukan dengan cara mengikuti tanggal, sama angka terakhir dipelat nomor.

Adapun petugas yang diturunkan, pihaknya mengerahkan sebanyak 700 personel agar pemberlakuan PSBB Ketat Skala Mikro ini efektif. Mereka disebar di sejumlah ruas jalan, khususnya di 11 titik check point. (Don)

 

Banyak kendaraan putar balik bogor ingat titik check point

Loading...

Related Post