Kerja Keras Dinas SDA, Jakarta Minim Banjir Tahun 2021

Kerja Keras Dinas SDA, Jakarta Minim Banjir Tahun 2021
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau banjir di Jalan Rusun Pesakih Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (2/1/2020). Foto ANTARA
Editor : Potan Balaikota — Jumat, 5 Februari 2021 17:04 WIB
terasjakarta.id

Setiap tahun memasuki musim penghujan Jakarta yang biasanya menjadi kota langganan banjir, namun kali ini tidak nampak ada genangan air walau beberapa hari terakhir curah hujan cukup tinggi.

Terkait kejadian itu, Gubernur DKI Anies Baswedan mendapat pujian netizen. Anies di nilai perlahan dapat mengatasi banjir ibu kota. 

Ketua Forum Politik Indonesia sekaligus Komunikolog Politik, Tamil Selvan menilai, keberhasilan Anies tersebut tak lepas dari kerja keras jajaran anak buahnya di lingkungan Pemprov DKI.

Dia menyebut, kondisi Jakarta bebas banjir ini merupakan ‘output’ kerja nyata dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di garda terdepan dalam menjawab persoalan banjir, dalam hal ini dalam Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta.

“Maka itu, biarkan para ASN itu bekerja sesuai kewenangannya, jangan diintervensi. Hasilnya kini kita bisa menikmati Jakarta bebas banjir. Wajar jika Anies dipuji karena ini, tapi anak buah juga perlu diapresiasi karena telah menyelamatkan wajah Anies dari sisi kinerja,” ujar pengamat yang akrab disapa Kang Tamil, kepada awak media, Jakarta, Jumat (5/2/2021).

Dia mengaku, selama beberapa tahun terakhir kerja Dinas Sumber Daya Air (SDA) dalam mengelola manajemen penanggulangan banjir sudah cukup baik. Dirinya pun menilai bahwa Dinas DKI saat ini lebih mengedepankan kerja daripada beretorika.

“Saya memperhatikan pola kerja di SDA ini langsung ke teknis masalah, bukan hanya retorika atau omdo (omong doang). Kita lihat  masifnya pembersihan lumpur gorong-gorong dan waduk, hinga penyiagaan petugas di rumah pompa. Ini perlu diteruskan,” paparnya.

Karena itu, Kang Tamil meminta semua pihak tidak terlena dengan pujian yang justru akan menurunkan kualitas kerja. Sebab, BMKG memprediksi dalam beberapa hari ke depan masih akan terjadi peningkatan curah hujan yang cukup ekstrim.

“Jangan terlena karena pujian, justru harus lebih meningkatkan kualitas kerja, apalagi Februari ini curah hujan akan tinggi,” katanya.

Diketahui, sebelumnya Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf menggalang program gerebek lumpur, yang secara masif melakukan pembersihan lumpur di gorong-gorong, waduk/sungai dan kali, juga saluran mikro, serta saluran penghubung (PHB).

“Program ini merupakan strategi Dinas SDA untuk memaksimalkan daya tampung saluran dan kali, jadi jika curah hujan tinggi, air ngak meluap ke pemukiman warga atau jalan yang bisa mengganggu aktivitas,” kata Juaini.(tan) 



Kerja Keras Dinas SDA Jakarta Minim Banjir Tahun 2021

Loading...

Related Post