Deteksi Covid-19 PT KAI Beri Layanan Tes GeNose di Stasiun Senen Hari Ini

Deteksi Covid-19 PT KAI Beri Layanan Tes GeNose di Stasiun Senen Hari Ini
Tes GeNose Pendeteksi Covid
Editor : Admin News — Jumat, 5 Februari 2021 08:39 WIB
terasjakarta.id - PT Kereta Api Persero menyediakan layanan tes GeNose untuk mendeteksi COVID-19 bagi penumpang kereta jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada hari ini, Jumat (5/2/2021).

Layanan pra launching Tes GeNose ini baru tersedia di dua stasiun, yaitu Stasiun Pasar Senen, Jakarta dan Stasiun Yogyakarta.

GeNose adalah alat pendeteksi COVID-19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang disebut mampu mendeteksi Corona melalui embusan napas.

Sebelumnya, VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi calon penumpang untuk melakukan pemeriksaan GeNose.

"Calon penumpang harus dalam kondisi sehat, telah memiliki tiket, serta dilarang merokok, makan, minum (kecuali air putih), selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas," kata Joni dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Jika ingin memanfaatkan layanan tersebut, calon penumpang diharuskan mengantre untuk mendaftar sebelum diberikan kantong GeNose C19 setelah melakukan proses pembayaran. Kemudian, calon penumpang akan diminta untuk mengambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak 3 kali.

Hasil pemeriksaan GeNose akan keluar dalam waktu sekitar 3 menit. Pemeriksaan dilakukan sekali tanpa pengulangan.

"Langkahnya adalah, sebanyak 2 kali di awal, ambil napas dan buang di dalam masker. Lalu pada saat pengambilan napas ke-3, langsung embuskan ke dalam kantong hingga penuh. Kunci kantong agar udara di dalamnya tidak keluar dan serahkan kantong kepada petugas untuk dianalisis menggunakan alat GeNose C19," ujar Joni.

Hasil pemeriksaan GeNose negatif berlaku 3x24 jam sejak dikeluarkannya print-out. Sedangkan jika hasilnya positif, calon penumpang tidak diperbolehkan naik Kereta Api. Tiket dapat dibatalkan melalui loket khusus dan uang tiket akan dikembalikan penuh.

Tarif yang dikenakan pada saat uji coba atau pre-launching ini adalah Rp 20.000. Tarif tersebut jauh lebih murah dibandingkan tarif rapid test antigen di stasiun yang harganya mencapai Rp 105.000. (adt)

PT KAI Tes GeNose Perjalanan KA Pasar Senen Covid-19

Loading...

Related Post