Pemprov DKI Masih Pertimbangkan Lakukan Lockdown Akhir Pekan

Pemprov DKI Masih Pertimbangkan Lakukan Lockdown Akhir Pekan
Ilustrasi Jalan Sudirman (tan)
Editor : Potan Balaikota — Jumat, 5 Februari 2021 07:20 WIB
terasjakarta.id

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempertimbangkan opsi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total dan lockdown akhir pekan yang diusulkan pakar epidemiologi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) menjelaskan, PSBB total sebelumnya pernah diterapkan pada April 2020 ketika pandemi COVID-19 mulai menerjang Ibu Kota.

“Usulan epidemiologi untuk PSBB ketat seperti dulu tentu menjadi pertimbangan. Kami selalu mempertimbangkan masukan, apalagi dari epidemiologi,” kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

PSBB total pada April 2020 lalu memang berhasil meredam lonjakan corona yang saat itu sangat mengkahwatirkan. Keberhasilan PSBB total waktu itu lantaran hampir seluruh aktivitas di Jakarta dikunci. Penerbangan ditidakan, pusat pebelanjaaan dan perkantoran ditutup total, begitu juga dengan rumah makan tidak boleh melayani konsumen makan di lokasi dan ojek daring dilarang mengangkut penumpang.

“Saya kira pemerintah pusat juga sedang mempertimbangkan banyak hal termasuk dimungkinkah atau tidaknya PSBB diperketat,” ujarnya.

Namun demikian, Ariza menilai semua opsi baik PSBB total maupun lockdown akhir pekan tidak bisa diambil secara mendadak. Perlu ada perhitungan yang matang, mulai dari dampak yang ditimbulkan hingga efektivitasnya.

“Semua diteliti, dikaji, dihitungkan banyak, R-noutnya bagaimana, kasus aktifnya berapa, persentase kesembuhan, persentase kematian, berbagai fasilitas kita hitung,” jelas Ariza.

Perlu diketahui, kasus corona di Jakarta terus melonjak sejak Desember 2020 lalu. Ketika itu kasus hariannya berkisar 1.000 pasien per hari.  Jumlah kasus harian ini kemudian terus melonjak sepanjang Januari hingga Februari 2021 dengan jumlah kasus harian mencapai 3.500 orang.(tan)




Pemprov DKI Masih Pertimbangkan Lockdown Akhir Pekan

Loading...

Related Post