Pemprov DKI Berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat soal Rencana Lockdown Akhir Pekan

Pemprov DKI Berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat soal Rencana Lockdown Akhir Pekan
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza). (Foto:Poskota.co.id)
Editor : Donald Balaikota — Kamis, 4 Februari 2021 15:02 WIB
terasjakarta.id


Terkait wacana pemberlakuan lockdown weekend atau akhir pekan, Pemprov DKI  bakal melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat. Hingga kini, Pemprov DKI masih melakukan kajian terhadap opsi ini, sebagai salah satu bentuk terobosan untuk menekan laju pertambahan kasus Covid-19 di Ibu Kota.

“Pemerintah pusat akan berikan perhatian apakah usulan ini (lockdown akhir pekan) dimungkinkan atau tidak. Saya kira nanti pemerintah pusat mengambil kebijakan terkait PPKM jilid 3 nanti,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Jakarta, Kamis (4/2/2021).

Pria yang akrab disapa Ariza ini menilai, lockdown akhir pekan sebagaimana usulan anggota DPR Saleh Daulay merupakan usulan yang menarik dengan sejumlah alasan. Pertama, kata Ariza, lockdown selama dua minggu atau satu bulan tentu akan memberatkan semua pihaknya karena banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Kedua, lanjut Ariza, lockdown akhir pekan bisa menekan mobilitas masyarakat yang umumnya memanfaatkan akhir pekan berpergian tidak saja ke mal, tetapi juga keluar kota atau mengunjungi keluarga.

“Ini semua dapat menimbulkan interaksi yang pada akhirnya terjadi kerumunan yang dapat berdampak pada penyebaran Covid-19,” jelas dia.

Ariza memberikan contoh, , lockdown pada akhir pekan sudah terbukti berjalan baik di Turki. Pemprov DKI, kata dia, tentu akan melakukan kajian secara mendalam terkait lockdown akhir pekan dengan memperhatikan data, fakta perkembangan Covid-19 di Jakarta serta masukan dari para ahli.

“Saya kira sebagai sebuah usulan anggota DPR atau warga masyarakat, siapa pun boleh beri masukan. Tentu kami Pemprov DKI Jakarta, masukan dari siapa pun akan kami lakukan kajian analisis dan evaluasi,” pungkas Ariza. (don)




 

Pemprov DKI pemerintah pusat lockdown akhir pekan

Loading...

Related Post