Apakah Tidak Sarapan Dapat Menurunkan Berat Badan, ini Jawabannya

Apakah Tidak Sarapan Dapat Menurunkan Berat Badan, ini Jawabannya
ist
Editor : Potan Jakarta Style — Kamis, 4 Februari 2021 07:08 WIB
terasjakarta.id

Sarapan menjadi hal penting untuk dilakukan agar terhindar dari penyakit gangguan pencernaan seperti, diare, maag, dan lain-lain. Namun untuk sebagian orang yang menjalankan diet, tidak sarapan bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badannya. Lantas, apakah benar tidak sarapan dapat membuat bobot turun?

Salah satu studi yang dilakukan oleh Monash University di Melbourne, Australia, mengatakan bahwa tidak sarapan dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Alasannya karena kalori yang dihasilkan akan lebih sedikit dibandingkan seseorang yang terbiasa sarapan.

Adapun pendapat lain yang mengatakan bahwa seseorang yang terbiasa sarapan akan menganggap sarapan dapat membakar lebih banyak kalori sehingga bermanfaat untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.

Seorang ahli diet yang terdaftar dalam British Dietetic Association, Dr. Frankie Phillips juga menyebutkan orang yang sarapan di pagi hari cenderung memiliki bobot tubuh yang tetap dan lebih sehat. Ia juga menambahkan, sarapan atau tidak bukanlah cara yang benar untuk menurunkan berat badan.

Adapun pendapat lain yang mengatakan bahwa seseorang yang terbiasa sarapan akan menganggap sarapan dapat membakar lebih banyak kalori sehingga bermanfaat untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.

Frankie juga menyarankan untuk melakukan sarapan sederhana dengan mengonsumsi makanan seperti sereal gandum, susu, roti, atau bahkan jus buah tanpa pemanis tambahan. Tak lupa Frankie mengingatkan untuk selalu memperhatikan protein, serat, vitamin dan mineral yang akan masuk ke dalam tubuh.

Selain Frankie, seorang ahli terapi di Hollywood, David Higgins yang juga menjadi personal trainer beberapa selebriti seperti Margot Robbie dan Claudia Schiffer mengungkap pendapatnya kepada Insider. Menurutnya, sarapan adalah hal yang penting, tapi tak harus dilakukan setiap harinya. Higgins berpendapat, sarapan menjadi sebuah momen yang dimanfaatkan oleh perusahaan produk makanan seperti sereal, telur, roti, dan susu agar produknya terjual di masyarakat yang terbiasa sarapan.

Dari beragamnya pendapat para ahli dan penelitian yang diungkapkan, bisa disimpulkan bahwa sarapan atau tidaknya seseorang tetap memberikan dampak yang berbeda-beda untuk penurunan berat badan.

Very Well Fit melansir, tidak sarapan di pagi hari tidak berpengaruh sama sekali dengan metabolisme yang ada pada tubuh. Justru dengan tidak sarapan di pagi hari, tubuh akan kekurangan nutrisi dan vitamin. Jumlah nutrisi yang tidak tercukupi ini bisa menyebabkan insomnia dan depresi.

Lantas, apakah sarapan atau tidaknya seseorang bisa membantu menurunkan berat badan? Jawabannya tergantung pada gaya hidup dan makanan apa yang akan kamu pilih untuk dijadikan sarapan.

Untuk yang terbiasa tidak sarapan di pagi hari selama melakukan diet, jangan khawatir. Tidak sarapan di pagi hari bisa kamu imbangi dengan mengonsumsi cemilan yang mengandung protein sehingga kamu akan merasa kenyang.(tan)

Tidak Sarapan Dapat Menurunkan Berat Badan

Loading...

Related Post