Pejabat Pemprov DKI Ini Dukung Lockdown di Jakarta

Pejabat Pemprov DKI Ini Dukung  Lockdown di Jakarta
Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi.
Editor : Donald Balaikota — Rabu, 3 Februari 2021 17:26 WIB
terasjakarta.id


Wacana untuk melakukan lockdown weekend di Jakarta mendapat dukungan dari Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi.

Ia mengatakan, mendukung usulan "lockdown weekend" seperti yang disampaikan anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay untuk menekan angka kasus Covid-19 di Jakarta yang meningkat setiap harinya.

"Saya mendukung. Namun dalam artian kita harus mengatur pergerakan masyarakat bukan mengatur dunia usaha," kata Irwandi saat ditemui di Kampung Tangguh Jaya RW 010 Kemayoran, Rabu (3/2/2021)

Wacana yang dilontarkan  Saleh Partaonan terinspirasi sukses penanganan Covid-19 di Turki yang menerapkan "lockdown" di akhir pekan.

Menurut, Irwandi di masa PPKM  ini masyarakat memang kurang mengikuti aturan dan justru mobilitasnya semakin tinggi di malam hari. Padahal kegiatan usaha seperti restoran hingga tempat perbelanjaan sudah dibatasi hanya sampai pukul 20.00 WIB.

"Kegiatan usaha semuanya ditutup hanya sampai jam 20.00 WIB. Tapi pada saat satgas cek, masyarakat yang di jalanan justru tambah banyak. Jadi ini tidak sinkron, usaha di setop malah pergerakannya tambah bergerak," ujar Irwandi.

Ini menunjukkan PPKM kali ini kurang efektif untuk menekan angka COVID-19 karena masih tingginya angka mobilitas.
Karena itu, Irwandi mendukung adanya usulan dari DPR RI agar Pemerintah Pusat dapat menerapkan "lockdown" (karantina) di akhir pekan. "Ya memang harus dibatasi, pergerakan masyarakat harus dikunci (untuk menurunkan kasus COVID-19). Ini saya mendukung," kata Irwandi dikutip dari Antara. (don)


 

 

 

Pejabat Pemprov DKI Dukung Lockdown Jakarta

Loading...

Related Post